Bupati Mamteng Bantu Pembangunan Gereja Harapan Abepura Sebagai Situs Sejarah | Pasific Pos.com

| 7 December, 2019 |

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, SH,MSi saat menyerahkan bantuan yang diterima ketua panitia pembangunan Gereja Harapan Abepura Drs. Alfons Sesa,MM, Sabtu (26/10) lalu. Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, SH,MSi saat menyerahkan bantuan yang diterima ketua panitia pembangunan Gereja Harapan Abepura Drs. Alfons Sesa,MM, Sabtu (26/10) lalu.

Bupati Mamteng Bantu Pembangunan Gereja Harapan Abepura Sebagai Situs Sejarah

Lintas Daerah Penulis  Senin, 28 Oktober 2019 11:19 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Perayaan HUT Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua ke- 63 Rayon C yang dipusatkan di jemaat Harapan Abepura, sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, dalam perayaan syukur memperingati HUT GKI itu, sekaligus dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Gereja Harapan Abepura sebagai situs sejarah GKI di Tanah Papua, Sabtu (26/10) lalu.

Peletakan batu pertama pembangunan itu dilakukan para mantan Ketua Sinode, Bupati Mamberamo Tengah (Mamteng) Ricky Ham Pagawak, SH,MSi mewakili para bupati dan Wali Kota Manado Vicky Lumentut.

Ibadah syukur yang dihadiri ratusan jemaat itu sendiri berlansung dengan hikmat. Puji-pujian di lantunkan paduan-panduan suara, turut menambah semarak suasana ibadah.

Pada kesempatan itu Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak memberikan sumbangan sebesar Rp200 juta dan semen 500 sak dalam acara lelang yang diterima panitia pembangunan pembangunan gereja Alfons Sesa.

Bupati Ricky Ham Pagawak mengaku bersyukur bisa hadir dalam perayaan HUT GKI ke-63 di Gereja Harapan Abepura, sebab disinilah gereja GKI mula-mula di Kota Jayapura.

“Ini rencana dan waktu Tuhan, sehingga saya bisa berada ditempat bersejarah berdirinya gereja kristen sebagai gereja induk, karena gereja induk itu, sebagai adik bungsu Gereja Injili di Indonesia dari GKI hadir di tempat ini,” ujarnya.

Menurutnya, sebagai pemimpin yang dipercayakan hanya sekali, maka harus memberikan lebih bagi pekerjaan Tuhan. Sebab hasil pengijilan dari seluruh gereja, dirinya bisa seperti saat ini.

Untuk itu, pihaknya terlibat dalam melanjutkan pekerjaan-pekerjaan Tuhan secara langsung dengan membangun gereja bukan di Papua, namun juga Papua Barat,Kalimantan,Sulawesi dan Jakarta.

“Saya bangun gereja sendiri dan saya persembahkan kepada Gereja Injili Indonesia,jadi saya mau pesan kita jadi pemimpin di tanah ini,hanya satu kali, jadi untuk gereja itu prioritas.”imbuhnya

Dia berharap, bantuan yang diberikan dapat digunakan dengan baik oleh panitia untuk memulai pembangunan gereja sebagai situs sejarah di tanah Papua.

Sementara itu ketua panitia pembangunan gereja Harapan Abepura, Alfons Sesa mengatakan, hingga saat ini jemaat terus bertumbuh hingga gedung gereja yang ada saat ini sudah tidak lagi menampung jemaat, sehingga diperlukan pembangunan gedung gereja baru yang lebih representatif.

Menurutnya, untuk membangun gereja baru, dibutuhkan anggaran sebesar 21 miliar. Dan itu sudah mulai dihimpun panitia, seperti yang dilakukan dalam pelelangan kali ini.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada pimpinan daerah (bupati), pejabat legislatif maupun jemaat yang sudah memberikan bantuan awal untuk pembangunan gereja lewat acara pelelangan ini.

Dia mengatakan,  pembangunan Gereja GKI Harapan Abepura ini masih berharap bantuan lagi dari pemerintah provinsi dan kabupaten, maupun donator-donatur lain.

”Pertama dari seluruh warga jemaat, tetapi teman-teman para pejabat yang pernah beribadah di gereja ini sekarang jadi pejabat di seluruh Tanah Papua atau di luar Papua kalau merasa ikut berbeban hati mau memberi untuk mendukung pekerjaan Tuhan, kami persilahkan bisa hubungi kami panitia supaya kami juga bisa bersama-sama dengan warga jemaat mendorong percepatan selesainya pembangunan gereja GKI Harapan Abepura,” ujarnya.

Selain bantuan diberikan Bupati Mamberamo Tengah, pada kesempatan itu, panduan suara dari Mambermo Tengah juga memberikan bantuan sebesar Rp 20 juta.

Selain akan dibangun gereja yang baru, di areal komplek gereja Harapan Abepura akan dibangun pula museum, gedung untuk PAUD dan para lansia.(Humas)

Dibaca 60 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.