BNPB Pastikan Mulai Bangunan 3000 Huntap Pekan Depan | Pasific Pos.com

| 15 November, 2019 |

Suasana Pertemuan antara BNPB dan Bupati Jayapura beserta BPBD Kabupaten Jayapura di Hotel Suni Sentani, Senin (21/10) siang. Suasana Pertemuan antara BNPB dan Bupati Jayapura beserta BPBD Kabupaten Jayapura di Hotel Suni Sentani, Senin (21/10) siang.

BNPB Pastikan Mulai Bangunan 3000 Huntap Pekan Depan

Kabupaten Jayapura Penulis  Rabu, 23 Oktober 2019 11:59 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia pastikan bahwa pembangunan 3000 Hunian Tetap (Huntap) bagi korban bencana banjir bandan dan naiknya permukaan air Danau Sentani akan dimulai pekan depan.

Kepastian tersebut mencuat dalam pertemuan bersama antara BNPB Pusat dan Pemerintah Kabupaten Jayapura yang berlangsung disalah satu hotel di Kota Sentani, Senin (21/10) siang.

Dalam pertemuan bersama itu,  Plt Deputi Penanganan Darurat BNPB Pusat, Dodi Ruswandi menjelaskan pihak mengunjungi Kabupaten Jayapura untuk memastikan tentang kesiapan lahan pembangunan Huntap.

“Pemerintah Kabupaten Jayapura telah memastikan kepada kami bahwa  permasalahan lahan telah selesai dan tidak ada kendala lagi, maka saya pastikan pekan depan pembanguan rumah bantuan akan dimulai,” ujarnya.

Dikatakan, berdasarkan data yang dimiliki oleh pihaknya menyebutkan, ada 3000 rumah yang telah diusulkan dan usulan tersebut telah disetuji, artinya di Kabupaten Jayapura akan dibangun 3000 rumah.

Menurutnya, bantuan rumah bagi korban bencana secara nasional sama baik, bencana di Papua tetapi juga di daerah lain. Dirinya menandaskan, sebelum ke Papua, pihaknya telah mengunjungi Ambon dan sekitarnya serta beberapa daerah lain di Indonesia yang mengalami bencana.

“Intinya bahwa, Pemerintah Pusat berkomitmen melakukan upaya pemulihan bagi korban bencana di Kabupaten Jayapura termasuk pemulihan perumahan warga yang telah hilang dan rusak,” tandasnya.

Senada dengan BNPB Pusat, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si menuturkan, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui intansi tekhnis telah menyerahkan data kepada pemerintah pusat tentang jumlah penerima bantuan rumah.

“Kita mendapat  bantuan rumah sebanyak 3000 unit, yang pesebaraannya mulai dari 22 kampung di Danau Sentani, kawasan darat mulai dari Distrik Sentani Timur, Sentani, Waibu, Sentani Barat dan distrik-distrik di pesisir laut Tanah Merah,” paparnya.

Bupati mengharapkan agar masyarakat umum, korban, pemerintah kampung, pimpinan lembaga Adat di setiap kampung dan distrik dapat mengatur secara baik, supaya semua proses pembangunan rumah dapat berlangsung dengan baik.

Dibaca 67 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX