BPJS Kesehatan Gelar Monev Pelayanan Primer bagi FKTP | Pasific Pos.com

| 17 November, 2019 |

Evaluasi pelayanan oleh BPJS Kesehatan di Kabupaten Mimika. (Istimewa) Evaluasi pelayanan oleh BPJS Kesehatan di Kabupaten Mimika. (Istimewa)

BPJS Kesehatan Gelar Monev Pelayanan Primer bagi FKTP

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Sabtu, 19 Oktober 2019 21:13 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Mimika - Sebagai bentuk komitmen menjaga pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), BPJS Kesehatan Cabang Jayapura bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika gelar kegiatan monitoring dan evaluasi pelayanan primer, sosialisasi petunjuk teknis (Juknis) Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) yang telah berjalan pada tahun 2019 dan implementasi rujukan horizontal di Kabupaten Mimika, Jumat (18/10/2019).

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Dinas kesehatan Kabupaten Mimika, FKTP se-Kabupaten Mimika (Puskesmas, klinik (TNI/Polri), DPP dan Dokter Gigi) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Kegiatan ini perlu dilakukan karena untuk memantau kinerja fasilitas kesehatan yang telah berjalan khusus untuk tingkat pertama. Dengan adanya utilitation review akan berdampak juga dengan peningkatan pelayanan yang akan diberikan kepada peserta JKN-KIS,," ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah.

Selain monitoring dan evaluasi pelayanan primer dilakukan juga sosialisasi terkait juknis KBK dan implementasi rujukan horizontal. Optimalisasi rujukan horizontal FKTP dilakukan untuk memastikan telah lengkapnya layanan diagnosa non spesialistik ditatalaksana secara tuntas di FKTP.

Rujukan horizontal dilakukan melalui mekanisme rujukan FKTP ke jejaringnya maupun rujukan antar FKTP ke FKTP lain beserta jejaringnya, yang memiliki kemampuan dan kelengkapan sarana prasarana yang dibutuhkan.

Penyelenggaraan rujukan horizontal FKTP diberlakukan berdasarkan zonasi wilayah. Artinya, pelaksanaan rujukan horizontal mempertimbangkan akses dan ketersediaan layanan serta sarana prasarana yang dibutuhkan peserta khususnya untuk pelayanan yang termasuk dalam non kapitasi di suatu wilayah.

Pelaksanaan rujukan horizontal memanfaatkan aplikasi Pcare yang telah terintegrasi dengan aplikasi Health Facilities Information System (HFIS) yang telah dilengkapi dengan hasil profil masing-masing FKTP dan mengacu pada hasil kesepakatan mapping antara BPJS kesehatan dengan Dinas Kesehatan dan FKTP.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra menyampaikan kegiatan pertemuan ini merupakan pertemuan rutin yang diadakan pertriwulan. Dengan diadakannya pertemuan ini, kita bisa melakukan evaluasi indikator kinerja FKTP, serta menggali dan mencari solusi terkait permasalahan yang dialami dilapangan.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi perhatian dari FKTP dan ke depannya pelayanan yang diberikan di FKTP akan lebih baik dan juga mendukung program rujuk balik. Saya juga berharap Puskesmas di Timika berkomitmen dalam hal menurunkan angka rasio rujukan,” ucapnya. (Zulkifli)

Dibaca 81 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.