Emus : Rekrutmen Anggota 14 Kursi DPR Papua Harus Sesuai Mekanisme | Pasific Pos.com

| 17 November, 2019 |

Emus Gwijangge Emus Gwijangge

Emus : Rekrutmen Anggota 14 Kursi DPR Papua Harus Sesuai Mekanisme

Sosial & Politik Penulis  Jumat, 18 Oktober 2019 20:32 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

Jayapura : Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPR Papua menginginkan, jika dalam rekrutmen anggota 14 kursi DPR Papua periode lima tahun mendatang harus dilakukan sesui mekanisme.

Untuk itu Wakil Ketua Bapemperda DPR Papua, Emus Gwijangge mengatakan, jika pihaknya meminta semua pihak
mesti mengikuti mekanisme dalam Perdasus supaya proses itu bisa berjalan dengan baik karena saran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mesti dijalankan sesuai mekanisme.

"Disitu ketegasan Mendagri sudah jelas sehingga saya harap teman-teman 14 kursi tidak perlu lagi untuk menekan gubernur dan pihak terkait lainnya," kata Emus Gwijangge kepada Wartawan di ruang kerjanya, belum lama ini.

Bahkan lanjut Emus, semua tahapan dilaksanakan sesuai Perdasus agar benar-benar prosesnya sesuai mekanisme, sehingga nantinya DPR Papua dan Pemprov tidak disalahkan.

"Jadi jangan lagi ada pikiran 14 kursi yang ada kini akan melanjutkan, tapi kembali dilakukan seleksi. Siapa saja bisa ikut seleksi, silahkan ikut seleksi," ujar Emus.

Apalagi kata Emus, kini Perdasus 14 kursi sudah diregistrasi di Kemendagri. Tinggal diserahkan ke Pemprov Papua untuk diundangkan dan dimasukkan dalam lembaran daerah untuk pelaksanannya.

"Untuk kursi wilayah Lapago 4 Kursi, Meepago 3 Kursi, Saireri 2 kursi, Tabi 3 dan Animha dua kursi," ujarnya.

Namun legislator Papua itu menyarankan, agar para kepala suku sebaiknya berembuk dulu, setelah itu, baru mengirim nama-nama calon 14 kursi ke provinsi sesuai jatah dari setiap wilayah adat agar tidak lagi ada ribut-ribut nanti di tingkat provinsi. (TIARA)

Dibaca 56 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX