Pemkot Jayapura Melatih Pencari Kerja OAP | Pasific Pos.com

| 17 November, 2019 |

Para pencari kerja mengikuti pelatihan ketrampilan jurusan perhotelan di BLKI Papua. (Syahriah) Para pencari kerja mengikuti pelatihan ketrampilan jurusan perhotelan di BLKI Papua. (Syahriah)

Pemkot Jayapura Melatih Pencari Kerja OAP

Kota Jayapura Penulis  Jumat, 18 Oktober 2019 14:09 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – Mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX pada tahun 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalu Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura melaksanakan pelatihan ketrampilan bagi pencari kerja orang asli Papua (OAP) kejuruan perhotelan.
Pelatihan digelar di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Provinsi Papua berlangsung selama 20 hari.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa mengatakan, pelatihan ketrampilan bagi pencari kerja OAP bertujuan menyediakan tenaga kerja yang siap pakai dan berdaya saing untuk memperoleh kerja sektor pariwisata sub kejuruan perhotelan.

Selain itu, menyediakan tenaga kerja yang mampu memberikan kepuasan dan pelayanan maksimal pada sub kejuruan perhotelan.

“Terlebih dalam mendukung penyelenggaraan PON XX yang akan berlangsung pada tahun 2020 mendatang,” kata Djoni Naa, Kamis (17/10/2019).

Asisten II Setda Kota Jayapura, Nurjainudin Konu mengatakan, menyikapi persoalan pengangguran, maka program pelatihan ketrampilan perlu dilakukan untuk menyediakan tenaga kerja siap pakai.

Ditambahkan, salah satu sektor yang dihadapi oleh setiap negara adalah faktor lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja. Ketidakseimbangan antara ketersediaan lapangan kerja dan angkatan kerja berakibat terjadinya pengangguran.

“Yang akhirnya membawa dampak pada pembangunan sosial ekonomi di kehidupan masyarakat, oleh sebab itu salah satu upaya yang dilakukan adalah melaksanakan pelatihan ketrampilan yang diharapkan dapat mempersiapkan tenaga kerja yang siap pakai di dunia kerja khususnya kejuruan perhotelan dalam menunjang PON XX,” kata Nurjainuddin.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua, Yan Piet Rawar mengatakan, kapasitas sumber daya manusia perlu ditingkatkan melalui pelatihan ketrampilan.

“Secara khusus kebutuhan tenaga kerja di bidang perhotelan ini cukup besar seiring pembangunan sejumlah hotel di Kota Jayapura, apalagi PON XX nanti membutuhkan tenaga kerja khususnya perhotelan,” kata Yan Piet Rawar.

“Tenaga kerja bidang perhotelan tidak hanya dibutuhkan di bagian front office atau di bagian kamar-kamar dan restaurant, tetapi juga terkait juga dengan listriknya, pengamanannya, perawat taman, jadi cukup banyak bidang-bidangnya, oleh sebab itu Pemerintah Kota, Provinsi dan Pusat harus bersinergi untuk membagi tugas ini sehingga pencari kerja mendapat kesempatan untuk bekerja,” sambungnya. (Syahriah)

Dibaca 65 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX