Lima warga diamankan Saat Penggerebekan di Markas KNPB Timika Wajib Lapor | Pasific Pos.com

| 13 December, 2019 |

BB yang diamankan saat penggerebekan BB yang diamankan saat penggerebekan

Lima warga diamankan Saat Penggerebekan di Markas KNPB Timika Wajib Lapor

Kriminal Penulis  Selasa, 15 Oktober 2019 21:01 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, Jajaran Kepolisian Resor Mimika memulangkan lima warga yang diamankan saat melakukan razia di lokasi Markas Komite Nasional Papua Barat/KNPB Timika yang berlokasi di belakang Bengkel Peralatan TNI AD (Benglap) Kelurahan Karang Senang SP3, Senin (14/10).

Wakapolres Mimika Kompol I Nyoman Punia, S. Sos Selasa (15/10) mengatakan lima warga yang diamankan saat penggerbekan markas KNPB akhirnya dipulangkan karena tidak cukup bukti keterlibatan mereka sebagai aktivitas KNPB Timika, kendati demikian, lima orang tersebut dikenakan wajib lapor ke Polres Mimika.

"Setelah diperiksa oleh penyidik, ternyata mereka hanya melintas saja di lokasi itu, tidak ada sangkut-paut dengan aktivitas KNPB, jadi mereka dikenakan wajib lapor," kata Nyoman.

Lima warga yang sempat diamankan itu atas nama Elias Mirip, Sarianus Waker, Ricardo Waker, Lukinus Waker dan Rambo J Wandik.

Ia menjelaskan, jajarannya masih terus menyelidiki aktor-aktor yang menggerakan kembali kegiatan KNPB di Timika sebab sebelumnya markas KNPB Timika yang berlokasi di Jalan Sosial Kebun Sirih telah dibongkar oleh aparat pada akhir Desember 2018.

"Saat kami menggerebek bangunan yang diduga markas baru KNPB Timika di belakang Benglap itu, orang-orang di situ melarikan diri, namun ada beberapa telefon selulernya yang tertinggal sehingga kami amankan. Kami akan mengembangkan terus jaringan mereka," jelasnya.

Sebelumnya, pada Senin (14/10) siang aparat Polres yang di bantu Brimob Yon B Timika, Brimob Kalbar, Kalteng, Kaltim dan Gorontalo menyita sejumlah alat-alat tajam beserta sejumlah atribut KNPB dari sebuah rumah di belakang Benglap persis di samping gedung sekolah SMP Negeri 4 Mimika.

Alat tajam yang disita polisi saat razia berlangsung yaitu anak panah 115 pucuk, 22 pucuk busur panah, satu kampak, dua parang dan dua senapan angin.

Selain itu juga ikut disita dua buah topi berlogo bintang berwarna merah, sejumlah baju dan celana loreng anggota pengamanan KNPB serta sebuah papan bergambar bintang kejora.

Bangunan yang diduga digunakan sebagai markas baru KNPB Timika itu diketahui hanya berjarak sekitar 300 meter dari Bengkel Peralatan TNI AD Timika di Jalan Cenderawasih SP3 Timika. (Ricky)

Dibaca 87 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.