Masih Banyak Kegiatan Belum Punya Ijin Lingkungan | Pasific Pos.com

| 6 December, 2019 |

Para peserta saat mengikuti kegiatan (foto:iis) Para peserta saat mengikuti kegiatan (foto:iis)

Masih Banyak Kegiatan Belum Punya Ijin Lingkungan

Papua Selatan Penulis  Selasa, 15 Oktober 2019 12:18 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke, Samuelereno Tahiya, S.Hut mengemukakan bahwa berdasarkan hasil pengamatan di lapangan ternyata masih banyak kegiatan yang dilakukan di daerah ini belum memiliki ijin lingkungan terutama dokumen lingkungan. Padahal menurut ketentuan yang berlaku, sanksi akan dikenakan dimana dalam UU 32 Tahun 2009 pasal 109, telah ditegaskan bagi yang memiliki ijin usaha namun tidak memiliki ijin lingkungan maka akan dikenakan sanksi, baik sanksi pidana maupun berupa denda.

“Hal ini menjadi pertanyaan bagi kami, apakah masyarakat masih belum memahami sehingga kami mencoba memberikan sosialiasi,”jelasnya kepada wartawan di sela-sela sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang ijin lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup di Swiss-Belhotel belum lama ini. Ia menjelaskan bahwa sosialisasi tersebut penting dilakukan sesuai dengan PP Nomor 27 Tahun 2012 yang menekan tentang ijin lingkungan tersebut.
Pihaknya berharap sosialisasi dapat meningkatkan wawasan masyarakat sehingga dapat melengkapi dokumen semua usaha dan kegiatan yang dilakukan dengan ijin lingkungan. Ia menegaskan bahwa ijin lingkungan tidak hanya terbatas pada kegiatan swasta namun pemerintah wajib menyusun dokumen lingkungan hidup dan memiliki ijin lingkungan. Oleh sebab itu pada sosialisasi tersebut tidak hanya pihak swasta yang dilibatkan tetapi turut menghadirkan sejumlah pihak terkait lainnya seperti LSM dan perguruan tinggi. “Jadi kita sama-sama memantau dan tidak hanya Dinas Lingkungan Hidup tetapi butuh peran serta seluruh stake holder terkait yang ada di Kabupaten Merauke,”tegasnya. Lebih lanjut ia mengungkapkan, sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang ijin lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup sesuai dengan PP Nomor 27 Tahun 2012 yang menekankan bahwa seluruh kegiatan yang berdampak pada lingkungan wajib memiliki ijin lingkungan.

Oleh sebab itu pihak dinas berupaya agar seluruh kegiatan yang ada di Kabupaten Merauke khususnya untuk rencana usaha atau kegiatan maka wajib mengurus perijinan. Namun sebelum mendapatkan ijin lingkungan, mereka juga memiliki kewajiban untuk menyusun dokumen lingkungan hidup. Nantinya pihak dinas akan melihat skala dari kegiatan itu, jika berdampak negatif yang cukup besar terhadap lingkungan maka yang bersangkutan akan diarahkan untuk mengurus dokumen AMDAL.

Namun jika skalanya tidak terlalu besar maka akan diarahkan kepada dokumen UKLUPL. Sedangkan jika skalanya sangat kecil dan tidak berdampak pada lingkungan maka akan diatur ke dalam SPPL. Untuk itu Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup akan melakukan sosialisasi di Kabupaten Merauke secara berkelanjutan setiap tahun. Pasalnya aturan tentang ijin lingkungan ini sudah keluar sejak tahun 2012 lalu.

Dibaca 53 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.