Dokumen Kependudukan Sudah Bisa Dilayani Di Tingkat Distrik | Pasific Pos.com

| 21 November, 2019 |

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merauke, Marten Gana (foto:iis) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merauke, Marten Gana (foto:iis)

Dokumen Kependudukan Sudah Bisa Dilayani Di Tingkat Distrik

Papua Selatan Penulis  Selasa, 15 Oktober 2019 12:08 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merauke, Marten Gana mengemukakan bahwa dengan semakin canggihnya teknologi di era digital seperti sekarang ini maka pelayanan dokumen kependudukan sudah lebih meluas dan efektif. Jadi tidak hanya terbatas dilayani di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil namun sudah lebih meluas dengan dilayani oleh pihak distrik. Hal ini sesuai dengan peraturan bupati nomor 800/88/2018 dan sudah dicoba di Distrik Kurik yang ternyata mampu berjalan lancar.

“Jadi dokumen kependudukan sekarang bisa diurus di tingkat distrik, baik Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian maupun surat pindah penduduk. Namun sementara ini baru dilaksanakan di Distrik Kurik dan akan dilaksanakan pula di Distrik Merauke dalam minggu ini,”jelasnya kepada wartawan di gedung auditorium kantor bupati belum lama ini. Lebih lanjut ia menjelaskan, sesuai dengan instruksi presiden memang terkait dengan hal ini, khususnya untuk sejumlah persyaratan yang dinilai tidak terlalu penting bagi masyarakat maka bisa dipangkas.

Tujuannya semata-mata untuk mempermudah masyarakat sehingga tidak perlu repot mengantri di kantor dinas dan harus melalui banyak tahapan. Sebenarnya pihak dinas sudah berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan namun tidak dapat dipungkiri, jumlah masyarakat yang datang sangat banyak. Oleh sebab itu dinas mencari solusi dan menemukan inovasi untuk mengefektifkan pelayanan yang ada melalui kerja sama dengan pihak distrik. Dengan demikian masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar karena tempat pelayanan sudah lebih dekat dan lebih hemat waktu. Oleh sebab itu diharapkan ke depan semua distrik sudah bisa memberikan pelayanan yang sama dalam pengurusan dokumen yang dimaksud.

Dibaca 32 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.