Pemkab Jayapura Bebaskan Lahan Pembangunan Fisik Sarana Penunjang PON XX | Pasific Pos.com

| 17 November, 2019 |

Suasana Rapat pembahasan pembebasan lahan pembangunan fisik saran penunjang PON XX Tahun 2020, di VIP Kantor Bupati, yang dipimpin Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw. Suasana Rapat pembahasan pembebasan lahan pembangunan fisik saran penunjang PON XX Tahun 2020, di VIP Kantor Bupati, yang dipimpin Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw.

Pemkab Jayapura Bebaskan Lahan Pembangunan Fisik Sarana Penunjang PON XX

Kabupaten Jayapura Penulis  Jumat, 11 Oktober 2019 11:15 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI – Pemerintah Kabupaten Jayapura telah membebaskan sebagian besar lahan yang diatasnya akan dibangun sejumlah pembangunan fisik sarana penunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 mendatang.

Pemerintah daerah memastikan bahwa sebagain besar lahan-lahan di Kabupaten Jayapura telah dibesakan. Artinya, tidak ada lagi permasalahan-permasalahan hak ulayat yang berujung pada aksi-aksi pemalangan dan lain sebagainya di lokasi pembangunan fisik.

Kepastian mengenai pembesan lahan tersebut terkuak melalui rapat pembahasan pembebasan lahan pembangunan fisik sarana penunjang PON XX Tahun 2020 yang dihadiri oleh Bupati Jayapura dan sejumlah pihak berkompeten lainnya, di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Kamis (10/10) pagi.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si usai rapat kepada wartawan menjelaskan, secara keseluruhan semua lahan di yang akan digunakan untuk pembangunan fisik menunjang PON XX Tahun 2020 telah dibesakan dan siap untuk dibangunan.

“Pertemuan dengan tim untuk memverifikasi ulang persoalan-persoalan lahan yang belum di selesaikan karena kita ingin mempercepat infrastruktur PON dan pembangunan lainnya,” ujar Bupati Jayapura.

Dirinya juga mengakui, ada dua lahan yang sedang di upayakan untuk dibebaskan yakni, lahan atau lokasi dimana jalan alternatif di belakang Bandara Sentani dan jalan menuju lokasi pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Waibron.

Langkah pemerintah untuk pembebasan dua lahan tersebut dinyatakan melalui mekanisme penganggaran, dimana anggaran telah disediakan untuk membebaskan, hanya tunggu untuk pembayarannya kepada para pihak yang berhak menerima.

Disinggung mengenai alokasi waktu yang sedikit dalam hal pembebahsan lahan, Awoitauw dengan nada optimis menyakinkan bahwa pihaknya sedia menyelesaikan semua permasalah terkait lahan. Sebab komitmen pemerintah telah bulat untuk mengsukseskan PON XX tahun 2020 di Papua.

“Kami juga berharap supaya adanya dukungan dan kerjasama semua pihak, terutama para pihak yang lahannya akan dibebaskan untuk pembangunan fisik prasana penunjang PON XX Tahun 2020 . Dengan demikian, semua proses pembanguan boleh berjalan lancar hingga waktu pelaksanaan,” harap bupati.

Dia juga menjelaskan, bahwa salah satu lahan yang telah dibebsakan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura adalah lahan pembangunan jalan alternatif dari Telga Ria Kampung Asei Kecil sampai Kampung Nendali Distrik Sentani Timur sedang dikerjakan.

Dibaca 64 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.