Ribuan Pengungsi Korban Kerusuhan Tinggalkan Papua | Pasific Pos.com

| 20 October, 2019 |

Para pengungsi kerusuhan Wamena ketika berada di Pelabuhan Laut Jayapura Para pengungsi kerusuhan Wamena ketika berada di Pelabuhan Laut Jayapura

Ribuan Pengungsi Korban Kerusuhan Tinggalkan Papua

Headline Penulis  Rabu, 09 Oktober 2019 20:28 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA - Setelah sekian pekan terkatung-katung berada di Jayapura, akhirnya 3041 pengungsi kerusuhan Wamena, meninggalkan kota Jayapura untuk kembali ke kampung halaman masing-masing menggunakan Kapal Motor (KM) Sinabung, Rabu (9/10) siang.

Data yang diperoleh 3041 pengungsi ini berasal dari berbagai daerah antara lain, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Jakarta, Surabaya bahkan dari kabupaten Biak provinsi Papua pun juga ada.

Tercatat pengungsi terbanyak berasal dari Sulawesi mencapai hingga 2.229 orang terdiri dari orang dewas hingga anak-anak. Sementara pulau Jawa hanya 804, sedangkan Ternate dan Biak Numfor hanya Empat orang.

Simon Pali, salah seorang pengungsi Kerusuhan Wamena asal Toraja menerangkan dirinya memilih meninggal Wamena untuk menenangkan diri bersama keluarganya di kampung halama, namun tidak menutup kemungkinan ia akan kembali lagi bekerja apabila situasi sudah pulih total.

"Saya ke Makassar dulu baru ke Toraja untuk selanjutnya anak sama istri menetap di sana. Kalau saya rencana balik ke Wamena lagi kalau sudah membaik," ucapnya.

Ia pun berharap kepada pemerintah untuk sesegera mungkin memberikan bantuan kepada dirinya lantaran tempat usahanya habis terbakar pasca kerusuhan lalu.
"Ya saya sebagai korban yang tempat usaha dan rumah di bakar ada perhatian dari pemerintah dengan memberikan modal usaha atau membangu usaha kami yang hangus terbakar," harapnya.

Dibaca 45 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.