Pelaku Usaha Dituntut Lebih Kreatif | Pasific Pos.com

| 20 January, 2020 |

Pelaku UKM saat menyimak materi (foto:iis) Pelaku UKM saat menyimak materi (foto:iis)

Pelaku Usaha Dituntut Lebih Kreatif

Papua Selatan Penulis  Selasa, 08 Oktober 2019 15:05 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Dosen Sosiatri Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) Yogyakarta, Ratna Susetyo Wedhajati mengemukakan bahwa saat ini masyarakat khususnya pelaku UKM diajak untuk menuju ke arah ekonomi kreatif. Jadi para pelaku usaha yang ada dituntut untuk lebih kreatif lagi, termasuk yang ada di Kabupaten Merauke. Pasalnya sumber daya alam yang tersedia cukup melimpah sehingga sangat disayangkan jika tidak diberdayakan dengan maksimal.

Contohnya saja untuk pisang dewaka yang banyak dihasilkan di Merauke dan dapat diolah menjadi berbagai kuliner yang lezat, begitu pula untuk ikan gastor yang sangat melimpah di daerah ini sehingga diharapkan dapat diolah dengan baik. Selain itu agar dapat diterima pasar maka harus memperhatikan soal packaging yang seharusnya bisa dikemas dengan semenarik mungkin. Jadi tidak hanya kualitas rasa saja yang ditonjolkan karena kemasan menarik dan penataan yang bagus juga akan sangat menunjang.

“Paling tidak begitu orang melihat kemasan produk kita maka akan langsung tertarik dan mau membeli. Kita juga harus bisa mencari cara untuk dapat menciptakan kemasan sendiri tanpa harus memesan dari daerah Jawa. Tentunya akan menghemat biaya dan tidak kalah dengan kemasan dari luar,”jelasnya di hadapan peserta sosialisasi pengelolaan ekonomi kreatif guna menunjang kerjasama ekonomi daerah di Hotel Megaria belum lama ini. Ia menjelaskan bahwa untuk melakukan sebuah kreatifitas memang butuh proses dan waktu sehingga perlu ditekuni.

Ia mencontohkan tentang aneka rasa dari produk kuliner yang tidak selalu hanya mengikuti trend atau mengekor trend yang sudah ada. Pelaku usaha harus mampu menciptakan rasa yang satu saat bisa menjadi populer dan tidak terbatas pada rasa yang sudah ada pada umumnya. “Kreatif itu dimana kita bisa menciptakan sesuatu yang berbeda, bukan sesuatu yang sudah umum atau sudah biasa. Tidak hanya dalam hal makanan tetapi juga berlaku untuk produk kerajinan tangan yang dapat dibuat lebih bervariasi sehingga memiliki nilai jual tinggi dan terkesan lebih moderen,”pungkasnya.

Dibaca 67 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik