Demo Mahasiswa Berlangsung Kondusif | Pasific Pos.com

| 6 December, 2019 |

Para mahasiswa saat menyampaikan aspirasi (foto:ist) Para mahasiswa saat menyampaikan aspirasi (foto:ist)

Demo Mahasiswa Berlangsung Kondusif

Papua Selatan Penulis  Selasa, 01 Oktober 2019 14:00 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Demo damai yang dilaksanakan oleh sejumlah mahasiswa OAP di halaman Kantor Bupati Merauke Senin lalu berjalan dengan aman dan lancar. Para mahasiswa diberikan kebebasan untuk menyampaikan pendapatnya sejak pagi hingga menjelang sore hari oleh pihak pemerintah. Inti dari aksi tersebut adalah meminta mahasiswa OAP yang tengah melaksanakan studi di luar Papua untuk segera dipulangkan karena beberapa alasan tertentu. Pelaksanaan demo yang kondusif tersebut juga tidak terlepas dari kesigapan aparat keamanan dalam menjaga situasi yang ada.

Pasalnya, sebelum demo berlangsung telah dilaksanakan apel yang melibatkan personil Polri maupun TNI di lapangan apel Mapolres Merauke. Dalam arahannya, Kapolres Merauke, AKBP Bahara Marpaung, SH mengatakan, berkat adanya Komunikasi, koordinasi dan kerjasama seluruh pihak, terutama rekan-rekan TNI, Brimob, tokoh masyarakat, stake holder dan warga masyarakat sehingga situasi Merauke tetap aman dan kondusif.

Adapun yang menjadi indikator bahwa situasi aman, yaitu aktifitas kegiatan masyarakat berjalan sebagaimana biasanya, aktifitas perkantoran berjalan, kegiatan di pasar, dunia pendidikan berjalan seperti biasa. “Langkah-langkah sudah kita laksanakan adalah koordinasi dengan pemda, berikan penyuluhan, penggalangan dan patroli dengan skala besar,”jelasnya. Menurut Kapolres, pendekatan secara khusus kepada adik-adik mahasiswa juga sudah dilaksanakan.
Ia meminta kepada seluruh anggota baik TNI dan Polri agar bersinergi dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Merauke. Pelaksanaan Patroli gabungan TNI dan Polri dengan skala besar tetap dilaksanakan, bertindak di lapangan secara preventif, dialogis dan humanis, jangan arogan, antisipasi provokator yang masuk dari luar mahasiswa serta hindari penggunaan senjata api. “TNI dan Polri harus tetap solid dan bersinergi untuk mengamankan aksi demo mahasiswa kali ini, “ujarnya.

Sementara itu Danrem 174/ATW, Brigjen TNI Agus Abdur Rauf menekankan beberapa hal yaitu TNI dan Polri siap siaga, komando pengendalian dipimpin oleh Kapolres dan dibantu oleh satuan TNI, dan pengendalian unsur TNI ada pada Dandim 1707. “Hal ini harus jelas karena yang melaksanakan demontrasi adalah adik-adik kita semua. Jadi saya harapkan betul-betul fokus untuk penanganannya, patuhi prosedur dalam bertindak dan mari kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa supaya kegiatan ini dapat berjalan sukses,”ungkapnya. Personil TNI dan Polri yang mengikuti apel siaga sebanyak 735 personil ditambah perkuatan yang stan by untuk pengamanan objek vital yang ada di Kota Merauke. Kurang lebih seribu personil dikerahkan.

Dibaca 55 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik