Soal Kursi Wakil Ketua DPRD Manokwari, Sekretariat Golkar Papua Barat Dipalang | Pasific Pos.com

| 20 October, 2019 |

Soal Kursi Wakil Ketua DPRD Manokwari, Sekretariat Golkar Papua Barat Dipalang

Papua Barat Penulis  Jumat, 27 September 2019 22:00 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Sejumlah warga dilaporkan memalang Sekretariat DPD Partai Golkar Provinsi Papua Barat yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman, Kabupaten Manokwari, Kamis (26/9).

Informasi yang diperoleh Tabura Pos, pemalangan itu merupakan buntut dari penentuan kursi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manokwari asal Partai Golkar yang tidak diberikan terhadap orang asli Papua.

Wakapolres Manokwari, Kompol Winarto didampingi Kabag Ops, Kompol I.G.P.N. Wiranadi dan Kasat Intel, Iptu Muhadi menjelaskan, sesuai informasi yang dilaporkan warga, pemalangan diduga terjadi sekitar pukul 15.35 WIT.

Lanjut dia, untuk massa dan motif pemalangan, masih dalam penyelidikan. Sebab, kata dia, saat pihak kepolisian tiba di lokasi, sudah dipalang dan Sekretariat Partai Golkar tampak sepi.

Ia menambahkan, jika melihat spanduk yang dipasang, pemalangan diduga kuat lantaran masalah internal partai. Namun, ia berharap persoalan segera diselesaikan.

Sebab, kata Wakapolres, rumah tersebut bukan hanya digunakan sebagai sekretariat, tetapi ada juga rumah yang ditinggali seorang opa yang sudah tua.

“Kita lihat ini hanya pemalangan, tidak ada pengrusakan, tetapi di dalam kan juga ada rumah, ditempati opa yang sudah tua. Sebaiknya segera diselesaikan,” pinta Winarto kepada Tabura Pos di depan Sekretariat DPD Partai Golkar Provinsi Papua Barat, kemarin.

Sementara itu, seorang warga yang enggan menyebut identitasnya, menjelaskan, pemalangan dilakukan sekitar 30 orang yang datang menumpang 2 mobil, sekitar pukul 15.35 WIT.

Dikatakannya, proses pemalangan tak berlangsung lama, dimana saat tiba di lokasi, mereka langsung turun dari mobil dan melakukan pemalangan.

“Saya tidak tahu pasti. Saya cuma dengar ada ribut-ribut, pas keluar, saya lihat banyak orang, kemudian palang kantor, lalu pergi. Waktu dipalang, kantor kosong, hanya ada opa yang kebetulan rumahnya juga di dalam. Dia keluar karena kaget,” tambahnya.

Dari pantauan Tabura Pos, pemalangan dilakukan di pintu pagar, pintu masuk, dan jendela Sekretariat DPD Partai Golkar Papua Barat. Di pintu pagar, dilakukan pemalangan memakai 4 bambu berukuran kecil sepanjang sekitar 2-3 meter.

Di pintu masuk sekretariat, dilakukan pemalangan dengan bambu, kayu tiang bendera, tong sampah berwarna kuning, dan 5 plastik sampah berukuran besar berwarna hitam.

Sementara di jendela, dipalang memakai bambu, kayu tiang yang dipasangi bendera Partai Golkar. Terlihat juga ada 3 spanduk berisi aspirasi yang dipasang.

Isi dari ketiga spanduk, yaitu: ‘Sekretariat Partai Golkar Kami Palang, karena DPD Partai Golkar Kabupaten Manokwari Tidak Memihak ke Kader Orang Asli Papua’.

Selain itu, ada juga isi spanduk ‘Adrianus Mansim adalah Kader Partai Golkar yang Militan dan Anak Asli Papua, Kami Minta kepada DPP Partai Golkar untuk Berpihak ke Orang Asli Papua’ dan ‘Sekretariat Kami Palang, karena DPD Partai Golkar Provinsi Papua Barat Tidak Mengutamakan Kinerja Orang Asli Papua’. [AND-R1] 

Dibaca 103 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX