Dua Pesawat TNI Dan Satu Pesawat Polri Disiapkan Guna Evakuasi Warga Di Wamena | Pasific Pos.com

| 20 October, 2019 |

Komandan Lanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Tri Bowo Komandan Lanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Tri Bowo

Dua Pesawat TNI Dan Satu Pesawat Polri Disiapkan Guna Evakuasi Warga Di Wamena

Lintas Daerah Penulis  Rabu, 25 September 2019 23:54 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA – Dua pesawat Hercules milik TNI dan satu pesawat jenus CN 25 milik Polri disiapkan guna mengevakuasi Warga korban kerusuhan Di kota Wamena beberapa hari lalu. Hal ini disebarkan oleh Komandan Lanud Silas Papare Jayapura Marsma TNI Tri Bowo bahwa pihaknya telah mengerahkan bantuan berupa dua buah Hercules dan pesawat jenis CN 235 untuk membantu proses evakuasi puluhan korban luka dan ribuan pengungsi dari Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Marsekal Pertama TNI Tri Bowo mengatakan pihaknya langsung mengambil sikap dengan mengerahkan bantuan terkait konflik social ini. "Benar ada bantuan pesawat. Jadi ini untuk menyikapi situasi yang ada. Lanud Wamena akan membantu proses evakuasi sekitar 1000-an lebih pengungsi dari Wamena yang kebanyakan tujuannya ke Jayapura,” ujarnya.

Dijelaskannya pula kalo pihak TNI dan Polri telah ikut membantu proses evakuasi sebanyak 60 orang pasien luka – luka dan yang meninggal dengan menggunakan pesawat CN 235 milik TNI AU. Para pasien itu ada yang pasien duduk dan berdiri.

Sebelumnya juga kata Tri Bowo, pihak kepolisian telah membantu proses evakuasi dua orang pasien menuju Jayapura pada hari Selasa (24/9/2019) dengan menggunakan pesawat milik Polri CN 293.

“Jadi untuk proses evakuasi ini ada dua pesawat type CN dan juga dua pesawat Hercules yang satunya baru akan tiba hari ini,”terangnya lagi.

Khusus untuk Hercules dari Jayapura ke Wamena akan membawa bantuan berupa bahan makanan (bama), dikarenakan ribuan pengungsi yang saat ini berada di Makodim dan Mapolres Jayawijaya membutuhkan Bama dan selimut.

“Kami pihak Lanud juga membuka Posko di Wamena untuk membantu proses evakuasi bantuan bahan makanan. Karena mereka sangat kekurangan Bama disana,”ungkapnya.

Dibaca 69 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.