Bahas Penyerahan Aset, Pemprov akan Duduk Bersama dengan Kabupaten/Kota | Pasific Pos.com

| 14 December, 2019 |

Bahas Penyerahan Aset, Pemprov akan Duduk Bersama dengan Kabupaten/Kota

Papua Barat Penulis  Selasa, 24 September 2019 20:59 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat telah merencanakan pertemuan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ditingkat kabupaten kota yang kewenangannya telah dilimpahkan ke tingkat provinsi sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Asisten I Bidang Pemerintahan, Setda Provinsi Papua Barat, Musa Kamudi mengatakan, sesuai rencana pertemuan akan dilaksanakan pada 7 Oktober 2019, dengan maksud untuk mengevaluasi penuntasan realisasi pendataan dan penyerahan data-data aset dari OPD teknis di kabupaten/kota ke Pemprov Papua Barat.

“Pendataan ini sesuai UU 23 Tahun 2014 dimana, kewanganan yang sebelumnya diberikan ke beberapa OPD di kabupaten kota ditarik kembali ke provinsi,” sebut Musa Kamudi kepada para wartawan di TMP Manokwari, Senin (23/9).

Kamudi merincikan, OPD yang kewenangannya telah dilimpahkan adalah Dinas Pendidikan, Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Dinas Kehutanan, Dinas Kelautan dan Perikanan serta beberapa OPD teknis lainnya. Jadi sudah ada jadwal yang ditetapkan untuk pertemuan ini,” terang dia.

Sebelum pertemuan dengan tingkat kabupaten/kota, Musa Kamudi mengatakan akan melaksanakan pertemuan terlebih dahulu di tingkat Pemprov Papua Barat bersama sejumlah OPD untuk melihat progress realisasi pendataan dan penyerahan aset dari kabupaten kota.

“Kita akan duduk bersama dengan OPD ditingkat kabupaten kota dan hasil dari itu kita akan duduk lagi dengan KPK untuk melihat sejauh mana realisasi tindak lanjut penyerahan aset,” terangnya.

Lebih jauh Kamudi menyebut, pendataan aset yang menjadi perhatian adalah dari Dinas Pendidikan terkait dengan lahan. “Memang ada sekolah-sekolah yang sebelumnya masih di kabupaten kota sebelum diselesaikan lahannya, maka kita akan inventarisasi sekolah-sekolah yang sudah dilunasi lahannya dan mana yang belum termasuk aset lainnya,” sebut dia.

Kamudi menambahkan, disamping pendataan dilakukan secara tim, diharapkan OPD terkait tetap aktif terhadap pendataan dan penyerahan aset dari tingkat kabupaten kota ke tingkat provinsi. [FSM-R3

Dibaca 90 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.