300 Mahasiswa Otsus Pulkam, Gubernur Ancam Hentikan Beasiswa | Pasific Pos.com

| 14 October, 2019 |

Gubernur Papua, Lukas Enembe Gubernur Papua, Lukas Enembe

300 Mahasiswa Otsus Pulkam, Gubernur Ancam Hentikan Beasiswa

Headline Penulis  Senin, 23 September 2019 18:20 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Jumlah mahasiswa asal Papua yang pulang kampung terus bertambah dan belum seluruhnya terdata. Gubernur Papua Lukas Enembe mengakui, mahasiswa yang pulang kampung tersebut termasuk mahasiswa yang dibiayai oleh Dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

Ya, dari laporan Biro Otonomi Khusus Papua, sebanyak 300 orang sudah kembali dari kota studi Indonesia ke bumi Cenderawasih," kata Gubernur Papua Lukas Enembe kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (23/9/2019).

Menurut Gubernur, mahasiswa yang menerima beasiswa Otsus Papua, harus kembali, jika tidak maka bantuan beasiswanya akan kita hentikan. "mereka (mahasiswa-red) harus kembali sekolah, jika tidak beasiswanya kita hentikan," ancamnya.

Mantan Bupati Puncak Jaya ini mengatakan, pemerintah akan menyediakan transportasi kepada mahasiswa yang akan kembali ke kota-kota studi di seluruh Indonesia.

Lanjutnya, mahasiswa yang pulang ke Papua bukan mahasiswa penerima beasiswa Otsus, tetapi mahasiswa program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) dan Program Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) maupun yang dibiayai orang dan dan pemda kabupaten/kota. Namun, untuk pelajar dan mahasiswa program Program ADEM dan ADik harus segera kembali karena itu dibiayai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Diketahui, hasil pertemuan antara Gubernur Papua dan para bupati di Gedung Negara, Kota Jayapura, Papua, Senin (16/9/2019) lalu, dilaporkan jumlah mahasiswa yang telah kembali mencapai 2.047 orang. Jumlah terbanyak berasal dari Kabupaten Yahukimo, yairu sekitar 600 mahasiswa. Setelah Yahukimo, jumlah mahasiswa Papua yang telah pulang kampung berasal dari Kabupaten Nduga yaitu 500 orang. Total ada 13.542 mahasiswa asal Papua yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dibaca 78 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX