Gubernur Ajak Masyarakat Sorong Hidup Rukun dan Saling Menghormati | Pasific Pos.com

| 14 October, 2019 |

Gubernur Ajak Masyarakat Sorong Hidup Rukun dan Saling Menghormati

Papua Barat Penulis  Senin, 23 September 2019 13:38 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan mengajak masyarakat Sorong khususnya dan Papua Barat pada umumnya untuk hidup rukun dan saling menghormati.

Ajakan ini disampaikan Mandacan saat membuka Festival Aster Kebangsaan dalam rangka merajut kebersamaan masyarakat, pemerintah daerah dan TNI-Polri dalam menjaga NKRI di Lapangan Hocky Kota Sorong, Sabtu (21/9).

Mandacan mengatakan, Indonesia adalah bangsa yang hebat dan memiliki suku bangsa yang beragam dan juga memiliki kekayaan budaya yang bernilai tinggi yang harus selalu dilestarikan.

“Saya sangat senang melihat masyarakat khususnya anak-anak muda yang ada di Kota Sorong yang begitu bersemangat dengan penuh warna-warni hadir mengikuti festival Aster kebangsaan ini, hal ini menandakan bahwa kebhinekaan adalah pemersatu kita semua,” kata Mandacan.

Untuk itu, Ia berharap semua masyarakat bisa saling memiliki kesadaran berbangsa dan bertanah air menuju masa depan yang lebih baik. Melalui ajang lomba ini pula dapat melestarikan budaya lokal agar karakter suku bangsa selalu terjaga.

Pada kesempatan ini, Mandacan juga mengajak seluruh peserta untuk menjunjung sportivitas, menumbuhkan semangat dan aura positif yang bermuara pada pribadi dalam menjunjung dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya.

“Kita semua harus bergandengan tangan, saling teposeliro dan selalu hidup rukun serta damai di lingkungan masing-masing. Sehingga meskipun berbeda-beda namun tetap satu didalam bingkai NKRI,”  kata Mandacan.

Pada kesempatan ini masyarakat Sorong juga diajak berikrar bersamam, pertama mengakui bahwa Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara, kedua menjadikan Bhineka Tunggal Ika sebagai pemersatu bangsa, ketiga saling menerima keberagaman dan perbedaan sebagai anugerah yang maha kuasa, keempat menjunjung tinggi persamaan martabat diantara sesame dan kelima siap merajut kasih dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.[FSM-R3] 

Dibaca 42 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.