Masyarakat Merauke Deklarasikan Cinta Damai Nusantara | Pasific Pos.com

| 10 December, 2019 |

Masyarakat Merauke Deklarasikan Cinta Damai Nusantara

Papua Selatan Penulis  Rabu, 18 September 2019 13:20 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Merauke, Masyarakat Merauke yang terdiri dari berbagai suku dan agama menggelar Deklarasi Cinta Damai Nusantara. Deklarasi ini digelar di lapangan kantor Bupati Merauke Jln. Brawijaya, distrik Merauke, Kabupaten Merauke.

Deklarasi Cinta Damai tersebut dilaksanakan dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan damai di wilayah Kabupaten Merauke dan dalam pelaksanaannya tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze, S.E., M.Si.

Kegiatan Deklarasi Cinta Damai yang dilaksanakan pada pukul 15.00 Wit tersebut turut dihadiri oleh Tenaga Ahli Staf Kepresidenan RI Dr. Ali Mochtar Ngabalin, M.Si., Kasrem 174/ATW Kolonel Kav I Ketut Adi Suasta Putra, Wadanlantamal XI/Merauke Kolonel Laut (P) Jatmiko Haryono, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P., Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, S.H., Ketua LMA Kabupaten Merauke Frederikus Wanim Mahuze dan para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Tokoh Masyarakat serta ribuan peserta Deklarasi Cinta Damai yang terdiri dari tamu undangan, ASN, Pelajar, Mahasiswa/i, Paguyuban, Suku dan Etnis Nusantara Se-Kabupaten Merauke.

Usai pelaksanaan Do’a lintas agama kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan Deklarasi kesepatan bersama Pemerintah dan Etnis oleh Ketua HKJM Merauke yang isinya ialah, Kami warga Negara Republik Indonesia di tanah Malind dengan beraneka suku, bahasa dan adat istiadat bersepakat menjaga persatuan dan kesatuan di tanah Papua. Hidup berdampingan hidup rukun damai dengan penuh kasih dalam bingkai Izakod Bekai Izakod Kai dan Sepakat tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak benar dan menolak rasis dan hoax serta meminta Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia untuk memberi perlindungan dan kenyamanan kepada warga Papua yang berdomisili atau sedang studi di daerah masing-masing.

Dalam sambutannya Bupati Merauke Frederikus Gebze, S.E., M.Si. mengatakan bahwa di Negeri ini kita semua bersaudara dan kami semua dari etnis Nusantara jangan pernah takut/mudah terpercaya dengan isu-isu yang tidak benar dan lebih baik kita saling mengasihi dan melayani.

Atas nama Pemerintah Daerah kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Bapak Dr. Ali Mochtar Ngabalin, M.Si. yang sudah datang sebagai utusan Presiden RI untuk mendukung dalam kegiatan Deklarasi Cinta Damai Nusantara ini.

Pada kesempatan yang sama Tokoh Masyarakat Marind Merauke Bapak John Gluba Gebze mengajak kepada peserta dan tamu undangan untuk secara bersama-sama menjaga kedamaian Indoneisia, karena apabila satu orang tersakiti maka Indonesia pun akan merasa tersakiti dan jadilah pemenang kedamaian serta aktor dalam cinta kasih bagi semua orang.

Sementara dalam awal sambutannya Tenaga Ahli Staf kepresidenan RI Dr. Ali Mochtar Ngabalin, M.Si. memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pimpinan TNI, Polri, Agama dan Etnis karena telah membuat tonggak sejarah dengan melaksanakan kegiatan Deklarasi Cinta Damai untuk merajut Bhineka Tunggal Ika.

Saya percaya hanya orang-orang yang memiliki hati yang baik lah yang mau datang dan berkumpul untuk melaksanakan kegiatan seperti ini”. ungkap Ali Mochtar Ngabalin.

”Merauke adalah kota yang aman dan damai, karena itu Merauke lah yang menjadi tempat patokan Indonesia. Apabila Merauke damai berarti Indonesia juga damai”. jelasnya.

Di akhir sambutannya Tenaga Ahli Staf kepresidenan RI Dr. Ali Mochtar Ngabalin, M.Si. mengajak kepada para peserta dan tamu undangan Deklarasi Cinta Damai Nusantara untuk menolak semua bentuk radikalisme dan ujaran kebencian yang dapat memecah belah Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI).

Kegiatan Deklarasi Cinta Damai tesebut juga ditandai dengan adanya Penandatanganan deklarasi kesepakatan bersama oleh perwakilan Etnis, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan Unsur Muspida serta pimpinan TNI dan POLRI.

Dibaca 64 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX