Jokowi: Pengusaha Muda Harus Menguasai Bisnis Baru | Pasific Pos.com

| 8 December, 2019 |

Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo.

Jokowi: Pengusaha Muda Harus Menguasai Bisnis Baru

Ekonomi & Bisnis Penulis  Rabu, 18 September 2019 00:49 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa situasi ekonomi dunia sekarang ini penuh dengan ketidakpastian, perang dagang masih terus berjalan.

Tekanan eksternal baik berupa kemungkinan potensi resesi pada 1-1,5 tahun yang akan datang sudah mulai dikalkulasi oleh para pakar, dan beberapa negara tengah menghadapi masuk dalam proses resesi ekonomi.

“Oleh sebab itu kita harus mempersiapkan diri agar tidak terkena dampak dengan situasi seperti itu kalau bisa kita mampu memanfaatkan peluang yang ada sehingga bisa menguntungkan negara kita, “kata Jokowi dalam acara Munas XVI HIPMI, di Hotel Sultan Jakarta, Senin (16/9/2019).

Jokowi menyampaikan akan mengajukan revisi untuk 74 Undang-Undang (UU) setelah pelantikan anggota DPR RI yang baru nanti. Pengajuan revisi UU tersebut untuk mempercepat daya saing dengan negara lain.

“Revolusi konsumen juga tidak boleh hanya membuat kita menjadi bangsa konsumen, bangsa yang pasif hanya menikmati tidak menjadi bangsa yang produsen. Bangsa kita harus terus aktif berinovasi sehingga menjadi pemenang dalam perebutan pasar, “ujar Jokowi.

“Caranya investasi yang masuk tidak boleh hanya datang dengan pabrik dan tenaga kerja saja, tetapi investasi harus membuat banyak pengusaha muda menguasai bisnis yang baru memiliki teknologi tinggi yang bergerak di berbagai bidang seperti perhotelan, konstruksi, distribusi, e-commerce dan lainnya,” sambungnya.

Jokowi mengatakan bahwa daerah saat ini memiliki peluang yang besar dalam pengembangan investasi, baik investasi kecil, sedang maupun besar dari investasi global.

Pengusaha muda, kata Jokowi, tidak boleh hanya menjadi penonton di negeri sendiri. Pemerintah akan berbuat dengan segala cara agar hal tersebut terwujud. “Kita akan meminta menghapus semua regulasi yang membuat kita menjadi bangsa konsumen, ”ujar Jokowi.

Pengusaha muda Indonesia, kata Jokowi, harus menjadi pengusaha yang inovatif, haus akan teknologi, HIPMI memiliki peluang besar untuk masuk kesini.
“Saya berharap akan menjadi himpunan para inovator, himpunan para pengusaha muda dunia dan himpunan para pemenang dalam kompetisi global, "kata Jokowi. (Zulkifli)

Dibaca 122 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.