Danrem 172/PWY : Kami Siap Fasilitasi Mahasiswa Papua Yang Akan Kembali Ke Kota Study | Pasific Pos.com

| 13 December, 2019 |

Danrem 172/PWY : Kami Siap Fasilitasi Mahasiswa Papua Yang Akan Kembali Ke Kota Study

Info Papua Penulis  Rabu, 11 September 2019 21:11 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

Jayapura, Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Kol. Inf. Binsar P. Sianipar menegaskan bahwa pihak TNI siap memfasilitasi para mahasiswa asal Papua yang ingin kembali ke kota tempat mereka belajar atau kuliah. "Saat ini ada dua pesawat Hercules yang stand by di Biak yang Siap melayani para mahasiswa, " ujar Binsar.

Dijelaskannya saat ini pihaknya mendatangkan ada 1.225 orang pelajar dan mahasiswa asal Papua yang kembali dari kota study. "ada 1.225 mahasiswa yang terdiri dari 700 orang dari kota study Manado, 200 orang dari kota study Jakarta, sementara dari kota kota lain sekitar seratusan," ujarnya.

Binsar mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mendata jumlah mahasiswa yang akan kembali belajar. Jika sudah terdata maka akan segera diberangkatkan. "Mereka para mahasiswa harus segera kembali kuliah sebab bulan October mereka akan ujian tengah semester, " ujar Binsar.

Dikatakannya pula bahwa dalam satu kali penerbangan pesawat Hercules dapat memuat 50 hingga 60 orang. Sehingga Diharapkan proses Pemulangan ini akan berjalan dengan lancer.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyebutkan, sudah ada lebih dari 800 mahasiswa Papua dan Papua Barat yang meninggalkan tempat belajar mereka di sejumlah wilayah Indonesia untuk pulang kampung

Dia mengatakan, para mahasiswa yang juga orang asli Papua itu mendapatkan informasi bahwa apabila mereka tetap belajar di daerah luar Papua dan Papua Barat, maka akan ada ancaman.

Keselamatan mereka dikabarkan tak terjamin dikarenakan kemungkinan adanya balas dendam dan sebagainya.

Tidak hanya itu, berbondong-bondongnya mahasiswa Papua dan Papua Barat itu pulang kampung juga dikarenakan ada imbauan dari Majelis Rakyat Papua (MRP) pada 23 Agustus 2019 lalu.

Dibaca 77 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.