Kabupaten Jayapura Berencana Gali Potensi PAD di Bandara Sentani | Pasific Pos.com

| 13 December, 2019 |

Sekda Kabupaten Jayapura, Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd, M.KP Sekda Kabupaten Jayapura, Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd, M.KP

Kabupaten Jayapura Berencana Gali Potensi PAD di Bandara Sentani

Kabupaten Jayapura Penulis  Rabu, 11 September 2019 00:40 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura berencana mengambil langkah untuk merebut pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pengelolaan di Bandar Udara (Bandara) Sentani seperti ground handling serta penanganan di luar bandara seperti cargo.

Sejauh ini, Kabupaten Jayapura belum kebagian setoran dari pajak dan retribusi dari bandara.

“Nah, Potensi pajak inilah yang akan kami gali,” beber Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP., ketika menjawab pertanyaan wartawan, Selasa(10/9) siang.

Hanna menuturkan, bahwa Pemkab Jayapura akan terus menggali potensi pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Jayapura, termasuk mengoptimalkan Bandara Sentani sebagai potensi PAD.

Untuk dapat mengelola Bandara Sentani sebagai sumber PAD, sebut Hanna, kini pihaknya bersama DPRD Kabupaten Jayapura sedang menyiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pengelolaan Bandara Sentani. Supaya dapat mengelola setiap potensi yang ada pada Bandara Sentani.

“Memang kita lihat regulasinya harus di dorong melalui peraturan daerah, untuk mengatur pengelolaan bandara baik ground heandling dan penanganan di luar bandara seperti cargo yang diatur semua dalam peraturan daerah (Perda)," ketusnya.

Untuk regulasinya, saat ini tim penyusunan Peraturan Daeerah (Perda) di DPRD Kabupaten Jayapura kini baru membahas beberapa pokok pikiran guna dituangkan pada penyusunan Perda, yang telah dilakukan tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Jayapura dari tahun 2018 lalu. Yang sebelumnya, pihak DPRD dan Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura telah bertemu Menteri Perhubungan untuk mendorong optimalisasi pengelolaan Bandara Sentani.

“Tahapan lalu yang kini sedang ditindak lanjuti, Pemerintah Kabupaten Jayapura perlu siapkan segala sesuatu agar dapat mengelola Bandara Sentani. Jadi saat ini sedang dibicarakan tentang pokok pikiran, baik DPR, Dirjen Perhubungan Bandara dan Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura,” urai Hanna menjelaskan.

Hanna juga menuturkan, penyusunan Perda untuk pengelolaan Bandara Sentani itu sudah sesuai dengan arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu saat melakukan pendampingan kepada Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Jayapura untuk optimalkan potensi sumber pendapatan asli daerah (PAD) daerah baik itu pajak dan retribusi.

“Tahapan ini, Bappenda sedang melakukan kegiatan dalam rangka menindaklanjuti arahan KPK untuk penggalian potensi PAD di Kabupaten Jayapura dan pokok pikiran tadi sedang dikembangkan. Dinaas Perhubungan sudah kerja apa, Bappenda sudah buat apa dan DPR harus buat apa,” tuturnya.

Ditambahkan, wacana penyusunan draf Perda merupakan inisiatif DPR dan telah bergerak lebih dulu, namun tetap didukung pemerintah daerah guna melengkapi dan menyiapkan data pendukung agar lebih kuat dan lengkap dalam pembuatan dan penyelenggaraan Perda, yang merupakan kebutuhan bersama.

Dibaca 109 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.