Pesan Sekum KONI Papua kepada Peserta Character Building dan AMT | Pasific Pos.com

| 14 November, 2019 |

Pesan Sekum KONI Papua kepada Peserta Character Building dan AMT

Olahraga Penulis  Senin, 09 September 2019 00:49 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Sekretaris Umum (Sekum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, Kenius Kogoya, secara resmi menutup kegiatan Character Building dan Achievement Motivation Training (AMT) gelombang pertama bagi atlet dan pelatih proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020, di Rindam XVII Cenderawasih Sentani, Jayapura, Sabtu (7/9/2019).

Dalam sambutannya, Kenius mengatakan bahwa atlet dan pelatih yang sudah mengikuti Kegiatan Character Building dan Achievement Motivation Training selama 7 hari ini, telah memiliki kualitas mental psikologi yang tangguh.

Oleh karena itu, para atlet dan pelatih telah memperoleh sikap disiplin, semangat dan motivasi dalam berlatih dan melatih, mental bertanding yang kuat bagi para atlet untuk melakukan yang terbaik, peningkatan kerjasama antar atlet dan pelatih dalam hubungan tim (team work) dan keyakinan bagi setiap atlet dan pelatih bahwa Papua bisa juara.

Kenius mengatakan, melalui kegiatan ini para atlet dan pelatih telah banyak menerima pengetahuan tentang langkah-langkah pemecahan masalah aktual yang berkaitan dengan mental psikologi atlet serta kemampuan dalam memahami dinamika dalam menghadapi suatu permasalahan didalam pertandingan.

Untuk itu, pelatihan yang telah dilaksanakan ini merupakan upaya pimpinan KONI Provinsi Papua dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesionalisme atlet dan pelatih agar target yang sudah ditentukan dapat diraih dengan baik. Hal ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya mewujudkan Papua peringkat 5 besar Nasional nanti pada pelaksanaan PON XX tahun 2020 di bumi Cenderawasih.

Mewakili Ketua Umum KONI Papua, selaku Sekum KONI Kenius menyampaikan terima masih dan pengharagaan kepada Danrindam XVII Cenderawasih yang telah memberi perhatian dan bantuan, berupa fasilitas dan sarana pelatihan.

Demikian juga ucapkan terima kasih kepada pemberi materi, yakni tim Psikologi TNI AD yang telah melaksanakan tugas dengan baik demi suksesnya pelatihan Kegiatan Character Building dan Achievement Motivation Training untuk gelombang pertama ini.

“Kepada para atlet dan pelatih yang telah selesai mengikuti pelatihan Kegiatan Character Building dan Achievement Motivation Training ini, diharapkan mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat pada saat pertandingan yang sesungguhnya,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap kepada atlet dan pelatih yang sudah mendapat materi selama mengikuti pelatihan mampu mengaplikasikannya di lapangan dan mampu membina semangat dan daya juang sehingga memiliki kualitas mental psikologi yang tangguh dalam bertanding.

Lanjutnya, gelombang kedua dengan jumlah perserta sebanyak 200 akan kembali digembleng selama 7 hari di Rindam XVII Cenderawasih mulai Senin (9/9/2019). “Minggu sore atlet sudah masuk di Rindam, atlet dan pelatih sebanyak 200 orang dari 12 cabang olahraga,” bebernya.

Kenius menyatakan, kegiatan Character Building dan Achievement Motivation Training ini sangat penting, sebab, sebagus apapun atlet kalau Character tidak bagus maka prestasi tidak akan dicapai.

Oleh karena, sebelum masuk dalam TC terpusat, atlet dan pelatih PON Papua kita bina mereka punya character dan mental yang baik dan utamanya mereka punya jiwa juaranya dan bisa mengharumkan nama Papua di event Nasional dan Internasional.

Disinggung soal rencana Pemerintah pengurangi cabang olahraga PON dari 47 menjadi 37 cabor, Kenius mengaku bahwa KONI Papua tak terpengaruh dengan rencana pemerintah mengurangi jumlah cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingan pada PON XX tahun 2020 mendatang.

“KONI Papua bersama Pusat Latihan Provinsi (Puslatprov) akan tetap menyiapkan atlet Papua untuk 47 cabor. Kalau cabor mau kurangi itu urusan pemerintah, kita tetap menyiapkan atlet,” kata Kenius.

Sebab, kataya, penyiapan atlet Papua bukan saja untuk PON XX, tetapi pembentukan Character atlet itu sangat penting. “kita harus bina atlet, bagaimana dia punya disiplin untuk menjadi pribadi yang tangguh dan tidak terpengaruh dengan hal-hal yang tidak baik ketika dia kembali ke rumahnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ricky Cowor atlet sepak bola PON XX Papua, mengaku, senang dengan kegiatan Character Building dan Achievement Motivation Training (AMT) ini.

“kegiatan ini sangat bagus, kami dilatih bagaimana mental dan disiplin, tentu kami harapkan ilmu ini akan kita bawah dalam latihan nanti dan semoga bisa berhasil dengan menyumbang medali emas bagi Papua saat PON nanti,” kata pemain asal klub Persimer Merauke dan Putra Pasifik itu.

gelombang pertama bagi atlet dan pelatih proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020, di Rindam XVII Cenderawasih Sentani, Jayapura, Sabtu (7/9/2019).
Penutupan kegiatan Character Building dan Achievement Motivation Training dihadiri pengurus KONI dan Puslatprov Papua. Kegiatan Character Building ini akan berlangsung selama sebulan lebih dengan melibatkan ratusan atlet dari 47 cabang olahraga.

Dibaca 133 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX