Berpikir Positif Untuk Kesehatan, ‘Generasi Milenial Perlu Jadi Peserta JKN-KIS’ | Pasific Pos.com

| 12 November, 2019 |

Nursiah saat menunjukkan kartunya (foto:ist) Nursiah saat menunjukkan kartunya (foto:ist)

Berpikir Positif Untuk Kesehatan, ‘Generasi Milenial Perlu Jadi Peserta JKN-KIS’

Papua Selatan Penulis  Jumat, 06 September 2019 12:59 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,- Nursiah (29) adalah peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari segmen kepesertaan Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) yang bekerja di toko yang juga turut mendukung pengelolaan Program JKN-KIS. Dalam kesehariannya, Nursiah juga sering menginformasikan Program JKN-KIS ke teman maupun keluarga yang belum terdaftar sebagai peserta. Lahir sebagai generasi milenial, Nursiah selalu berpikir positif dan berasumsi bahwa menjadi peserta JKN-KIS adalah hal yang sangat penting didalam kehidupan selain pendidikan dan pekerjaan, kesehatan adalah hal utama yang harus diperhatikan karena menunjang aktifitas dan kelancaran rutinitas yang kita lakukan untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Saat di temui tim Jamkesnews pada hari Senin (26/08) di kantor BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Nursiah kemudian mengungkapkan tujuannya untuk datang ke kantor dan perasaannya terhadap manfaat Program JKN-KIS yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari. “Saya terdaftar di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) BP.TNI Angkatan Laut yang menurut saya bisa mendapat pelayanan yang baik ketika berobat disana. Maksud kedatangan saya kesini adalah untuk merubah kartu JKN-KIS dari lama ke kartu JKN-KIS yang baru, dan ketika datang saya langsung dilayani oleh petugas BPJS Kesehatan yang secara sigap memberikan pelayanan yang baik kepada saya,”ujarnya.

Selain itu ia juga mendapatkan informasi tentang alur pelayanan berjenjang dari petugas yang bertugas dimana dijelaskan bahwa agar ketika berobat tidak langsung ke rumah sakit, melainkan ke FKTP dan jika setelah melewati observasi apabila perlu dirujuk dari ke rumah sakit barulah kita kesana dibantu dengan system rujukan online yang di telah dientri dari FKTP. “Terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Merauke yang telah mmembantu saya dalam mencetak Kartu JKN-KIS yang baru sehingga dapat digunakan untuk berobat di FKTP terdaftar maupun di rumah sakit,”tambahnya. Diakhir perbincangan dengan tim Jamkesnews, Nursiah juga dipandu untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN.
“Ternyata di aplikasi Mobile JKN terdapat juga kartu JKN-KIS namun ini dalam bentuk digital. Sehingga apabila kita lupa membawa kartu JKN-KIS saat berobat kita bisa juga menunjukan kartu KIS Digitalnya,”pungkas Nursiah.

Dibaca 57 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.