Resmi Punya Sentra HKI, ‘Unmus Bantu Mempermudah Pendaftaran Hak Cipta’ | Pasific Pos.com

| 20 November, 2019 |

Mulyadi Alrianto Tajuddin, SH, MH selaku Divisi Hukum Sentra HKI UNMUS (foto:iis) Mulyadi Alrianto Tajuddin, SH, MH selaku Divisi Hukum Sentra HKI UNMUS (foto:iis)

Resmi Punya Sentra HKI, ‘Unmus Bantu Mempermudah Pendaftaran Hak Cipta’

Papua Selatan Penulis  Selasa, 03 September 2019 12:38 0
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Tentunya menjadi momen yang sangat berharga untuk Kabupaten Merauke khususnya di kalangan akademisi Unmus karena untuk pertama kalinya Sentra HKI akhirnya hadir di wilayah Papua. Dalam hal ini terdapat di Unmus dan menandakan bahwa Unmus sebagai pelopor dan fasilitator, baik kepada dosen maupun kalangan masyarakat ketika ingin mendaftarkan hasil riset maupun pengabdiannya dengan lebih mudah.

“Jadi mereka tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Jakarta namun bisa mengunjungi pihak Unmus khususnya Sentra HKI di LP2M untuk selanjutnya kami daftarkan secara online,”terang Mulyadi Alrianto Tajuddin, SH, MH selaku Divisi Hukum Sentra HKI UNMUS kepada ARAFURA News di sela-sela workshop pengenalan kekayaan intelektual dan manajemen sentra HKI di ruang Dekanat Senin lalu. Lebih lanjut ia menjelaskan, Sentra HKI UNMUS telah resmi operasional sejak 1 bulan lalu sejak Unmus mendapatkan hibah dari kementerian.

Oleh sebab itu pasca menggelar workshop dan mendapatkan banyak pengetahuan dari pakarnya secara langsung maka pihaknya akan gencar untuk mensosialisasikan keberadaan Sentra HKI tersebut. “Kami memang belum terlalu gencar mensosialisasikan keberadaan sentra ini karena masih menunggu hasil kegiatan workshop pengenalan kekayaan intelektual dan manajemen sentra HKI. Ketika kita sudah mendapatkan ilmu dan pencerahan dari narasumber barulah kita bisa masuk ke tahap selanjutnya untuk mendaftarkan karya intelektual teman-teman dosen,”jelasnya.

Untuk saat ini pendaftaran karya intelektual masih diprioritaskan bagi para dosen, nantinya setelah karya para dosen dipatenkan barulah akan fokus untuk kalangan umum. “Namun sebenarnya kami sudah menginformasikan kepada masyarakat khususnya anak-anak muda yang ada di Merauke jika memiliki karya-karya, baik berupa lagu maupun tarian dapat didaftarkan di Sentra HKI UNMUS. Termasuk untuk produk-produk kerajinan sehingga karya tersebut mendapatkan perlindungan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM berupa sertifikat resmi,”pungkasnya.

Dibaca 91 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.