Warinussy Minta Presiden Segera Bertemu Kedua Gubernur dan MRP di Tanah Papua | Pasific Pos.com

| 21 November, 2019 |

Warinussy Minta Presiden Segera Bertemu Kedua Gubernur dan MRP di Tanah Papua

Papua Barat Penulis  Senin, 02 September 2019 20:42 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan C. Warinussy, SH meminta Presiden Jokowi turun untuk mengambil langkah tegas dan terukur dalam menyelesaikan konflik sosial, politik, rasisme, dan diskriminatif di tanah Papua.

Menurutnya, konflik yang terjadi sudah mengarah ke pertikaian horizontal, seperti yang terjadi di Jayapura, Papua dan sekitarnya.

Lanjut dia, kehadiran personil TNI dan Polri yang telah diamanatkan mengambil langkah-langkah persuasif, dikhawatirkan semakin memberikan nuansa pembiaran terjadinya konflik horizontal yang terindikasi kuat hendak menghindari sorotan dunia internasional atas bencana kemanusiaan dan pelanggaran HAM di Bumi Cenderawasih, akhir-akhir ini.

Dengan demikian, sambung Warinussy, hal itu memudahkan pengerahan isu kriminalitas dalam konflik pasca-aksi unjuk rasa yang berakhir anarkhis di Manokwari, beberapa waktu lalu.

“Presiden Jokowi harus segera memanggil dan bertemu Gubernur Papua dan Papua Barat bersama MRP di tanah Papua dalam minggu ini untuk membahas konflik yang sudah terjadi,” harapnya saat ditemui Tabura Pos di kediamannya, Sabtu (31/8).

Dikatakannya, dengan bertemu secara langsung dengan kedua gubernur di tanah Papua ini, Presiden bisa mendengar suara hati rakyat Papua, sehingga dapat mengambil langkah awal demi menghentikan aksi lanjutan soal rasis dan diskriminasi yang kental dan berbuntut tuntutan politik, penentuan nasib sendiri dan referendum.

Ia menambahkan, sekiranya dengan pertemuan itu bisa menjadi ajang damai dan demokratis oleh Presiden selaku kepala negara guna memulai langkah perundingan dan dialog imparsial dan transparan dalam mencari serta menemukan akal konflik di tanah Papua, untuk menemukan cara penyelesaian secara damai, demokratis, dan adil.[BOM-R1] 

Dibaca 108 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.