Upaya Penuhi Hak Perempuan Dan Anak Alami Kemajuan | Pasific Pos.com

| 20 November, 2019 |

Peserta forum saat mengikuti kegiatan (foto:iis) Peserta forum saat mengikuti kegiatan (foto:iis)

Upaya Penuhi Hak Perempuan Dan Anak Alami Kemajuan

Papua Selatan Penulis  Senin, 02 September 2019 20:34 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Terlepas dari maraknya kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, tidak dipungkiri upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk memenuhi hak perempuan dan anak telah mengalami kemajuan yang cukup berarti. Hal ini telah dibuktikan dengan semakin bertambahnya lembaga pemerhati perempuan dan anak di Kabupaten Merauke. Di samping itu pula melalui hak inisiatifnya, DPRD Kabupaten Merauke pada tahun 2018 telah menetapkan Perda tentang perlindungan anak dan perempuan. Demikian disampaikan Bupati Merauke dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Merauke, Delsiana C.Gebze, S.Sos dalam sambutannya pada kegiatan forum koordinasi kelembagaan perempuan dan anak serta pembentukan Forum Anak Daerah (FADI) yang dilaksanakan oleh di Kanol Sai belum lama ini.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan suatu momentum yang mengemban misi dan visi yang penting, strategis dan monumental dalam upaya meningkatkan kehormatan terhadap perempuan dan anak-anak Indonesia khususnya di Merauke serta meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. Oleh sebab itu di samping perempuan, anak-anak perlu dibekali dengan keimanan, kepribadian, kecerdasan, ketrampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pada kegiatan forum koordinasi perempuan dan anak-anak ini diharapkan kepada semua pihak untuk mendukung upaya pengarustamaan gender dalam lingkup pemerintah dan di berbagai bidang serta menumbuhkembangkan potensi anak sesuai dengan minat dan bakatnya. Menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman, menghargai pendapat anak, mecegah kekerasan terhadap anak serta menanamkan nilai-nilai akhlak yang mulia. Dengan demikian kita dapat mewujudkan kesejahteraan perempuan, keluarga dan anak Indonesia yang sehat, cerdas, tangguh, mandiri serta dapat menguasai, ilmu pengetahuan dan teknologi sebagaimana yang diharapkan.

Forum koordinasi kelembagaan perempuan dan anak serta pembentukan Forum Anak Daerah (FADI) yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana bertujuan agar seluruh komponen bangsa Indonesia, yaitu negara, pemerintah, agama, adat, masyarakat, keluarga dan orang tua bersama-sama mewujudkan keseteraan dan keadilan gender serta kesejahteraan anak dengan menghormati hak-hak dan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya tanpa ada perlakuan diskriminatif.

Dibaca 44 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.