Patroli Gabungan Cipta Kondisi Kembali Digelar | Pasific Pos.com

| 21 November, 2019 |

Kapolres dan Kabag Ops saat tiba di Tugu Libra (foto:ist) Kapolres dan Kabag Ops saat tiba di Tugu Libra (foto:ist)

Patroli Gabungan Cipta Kondisi Kembali Digelar

Papua Selatan Penulis  Kamis, 29 Agustus 2019 16:09 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,- Kepala Kepolisian Resor Merauke AKBP Bahara Marpaung, S.H memimpin apel gabungan ratusan personil TNI dan Polri, bertempat di Tugu Libra Senin lalu. Bertindak sebagai Komandan Apel Kabag Ops Polres Merauke AKP Erol Sudrajat, S.Sos, M.Si yang dihadiri oleh Wakapolres Merauke, para Kabag Polres Merauke serta para Perwira Polres Merauke dan TNI. Adapun jumlah peserta sekitar 350 Ppersonil yang terdiri dari Peleton Kodim 1707 Merauke, Peleton Lantamal XI Merauke, Peleton Marinir, Peleton Brimob, Peleton Lantas, Peleton Dalmas serta Peleton Reskrim dan Intelkam.

Dalam arahannya Kapolres menekankan beberapa hal di antaranya ucapan terima kasih kepada seluruh personil yang melaksanakan apel gabungan dalam rangka mengantisipasi dan mengamankan kegiatan masyarakat maupun kegiatan pemerintahan di Merauke. Menurutnya, perkembangan situasi di wilayah Merauke masih tetap aman dan kondusif dan langkah-langkah yang telah Polres Merauke laksanakan yaitu melakukan tindakan persuasif seperti Ppatroli gabungan, memberikan himbauan dan membagikan selebaran, memasang spanduk-spanduk serta melaksanakan patroli dialogis.

Selain itu dilaksanakan pula dialog langsung dengan seluruh tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat yang ada di Merauke. Ia menjelaskan, patroli gabungan TNI dan Polri dengan skala besar tetap dilaksanakan namun personil diminta tidak terpancing emosi saat bertindak. Akhirnya diharapkan kepada seluruh personil dalam bertindak harus secara dialogis, persuasif dan humanis. Menyangkut penggunaan senjata harus sesuai protap dan SOP. “Perintah langsung dari saya dan saya akan bersama anggota langsung turun ke lapangan bila terjadi aksi demo.

Begitupun Kabag Ops agar mengatur pola patroli dengan skala besar ini khususnya untu rute agar berjalan baik. Sebelumnya, pada Sabtu lalu Kabag Ops AKP Erol Sudrajat, S.Sos, M.Si beserta seluruh anggota Brimob dan personil Polres Merauke juga melaksanakan patroli dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten Merauke belum lama ini. Dalam arahannya di hadapan 150 personil Polres Merauke yang juga diback up Brimob Merauke, AKP Erol mengemukakan bahwa patroli dilaksanakan dalam skala besar.

“Selain meningkatkan kegiatan Patroli gabungan Polres dan Brimob, kita juga menambah kekuatan personil untuk mengamankan objek vital yang ada di Kota Merauke. Semua itu untuk menciptakan rasa aman dan kondusif di Merauke,”tukasnya. Ia berharap anggota yang melakukan patroli agar dapat melaksanakan kegiiatan sambang kepada warga masyarakat dan menghimbau jangan mudah terprovokasi oleh provokator-provokator yang tidak bertanggung jawab. Kepada seluruh personil agar menjaga kesehatan, pasang mata dan telinga dan segera menginformasikan sekecil apapun kepada pimpinan guna pengambilan kebijakan lebih lanjut.

Dibaca 74 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.