Tunggakan Makin Besar, Peserta Diminta Lunasi Iuran | Pasific Pos.com

| 23 October, 2019 |

Kabid SDM, Umum dan Komunikasi Publik, Itar Prihartono dan PPS Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Sri Wahyuni saat memberikan penjelasan (foto:iis) Kabid SDM, Umum dan Komunikasi Publik, Itar Prihartono dan PPS Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Sri Wahyuni saat memberikan penjelasan (foto:iis)

Tunggakan Makin Besar, Peserta Diminta Lunasi Iuran

Papua Selatan Penulis  Kamis, 29 Agustus 2019 16:03 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kabid SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Itar Prihartono mengemukakan bahwa jika iuran masih mengalami tunggakan maka akan menyebabkan terpendingnya claim rumah sakit sehingga ini menjadi tugas penting BPJS untuk mengejar para peserta yang masih menunggak. Sebab BPJS Kesehatan dibentuk sebagai lembaga negara yang bertugas untuk menjamin pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Jadi apapun claim yang diberikan oleh rumah sakit maka BPJS harus membayarkan. Namun dengan syarat bahwa claim tersebut benar-benar sesuai dengan medical record. “BPJS juga diberikan waktu selama 15 hari jika claim masuk tersebut belum dibayarkan maka BPJS akan membayarkan denda kepada pihak rumah sakit. Namun tetap akan dilakukan klarifikasi terlebih dahulu untuk memastikan kebenaran claim tersebut,”jelasnya kepada wartawan dalam acara gathering di Café Phoenam Rabu kemarin.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, hingga Bulan Juli 2019 jumlah tunggakan untuk peserta mandiri di wilayah cabang Merauke mencapai angka hingga 6 milyar lebih dengan jumlah sebanyak 8.795 jiwa. Namun jika ditotal dengan tiga kabupaten pemekaran lainnya bisa mencapai angka 8 milyar, oleh sebab itu kepada peserta diminta untuk segera melunasi sehingga pembayaran claim rumah sakitpun dapat berjalan dengan lancar. “Kita sudah berupaya menghubungi peserta yang menunggak agar dapat melunasi iuran. Selain itu kami juga mendatangi secara langsung atau door to door, baik yang dilakukan oleh staf bagian keuangan maupun lewat Kader JKN yang ikut membantu,”terangnya.

Dibaca 41 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.