KUA-PPAS APBD Induk dan Perubahan Diarahkan untuk Pelaksanaan PON XX 2020 | Pasific Pos.com

| 19 September, 2019 |

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura, Korneles Yanuaring Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura, Korneles Yanuaring

KUA-PPAS APBD Induk dan Perubahan Diarahkan untuk Pelaksanaan PON XX 2020

Kabupaten Jayapura Penulis  Rabu, 28 Agustus 2019 12:13 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura, belum lama ini melaksanakan rapat paripurna dengan agenda penandatanganan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Induk Tahun Anggaran 2020 dan Perubahan Tahun Anggaran 2019.

Wakil Ketua (Waket) II DPRD Kabupaten Jayapura, Korneles Yanuaring kepada wartawan usai penandatanganan KUA-PPAS APBD-Perubahan Tahun Anggaran 2019 mengungkapkan, arah dari Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS), baik induk maupun perubahan itu untuk pelaksanaan event Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020.

“Jadi arah kebijakan umum anggaran, baik KUA-PPAS APBD induk maupun perubahan itu memang diarahkan untuk PON 2020. Dan, dalam KUA-PPAS ini ada kegiatan-kegiatan besar yang nanti masuk dalam perubahan anggaran atau masuk didalam KUA-PPAS,” ungkapnya.

Pertama, kata Korneles Yanuaring, pembangunan Stadion Barnabas Youwe (SBY) dengan anggaran multiyears, karena menggunakan dana yang besar.
“Kemudian yang kedua itu, adalah renovasi gedung olahraga (GOR) Toware. Itu juga masuk multiyears karena kontrak jamak,” katanya.

Lanjut, kata dia, ada perbaikan infrastruktur jalan serta pembenahan kawasan Bandar Udara (Bandara) Sentani menjadi dua jalur dan dalam wilayah Kota Sentani. “Jadi, itu semua menggunakan dana yang besar dan hampir semua tersedot ke PON,” bebernya.

Selain itu juga, Korneles Yanuaring mengatakan, disediakan anggaran untuk penyelesaian pembebasan lahan atau ada pagar yang dibongkar saat perbaikan infrastruktur jalan di dalam Kota Sentani.

“Tapi, juga disediakan anggaran untuk pembebasan lahan bagi yang belum diselesaikan atau ada pagar yang dibongkar, maka itu disediakan anggaran untuk bangun kembali pagar yang dibongkar terkait dengan perbaikan infrastruktur jalan tersebut. Jadi, anggaran semua kita fokus kesana. Kita juga akan benahi para atlit dan Cabor-cabor. Karena kita tuan rumah, atlet Kabupaten Jayapura terbanyak untuk PON XX nanti. Apalagi pak Gubernur tadi sudah dengar dan mendukung, kalau kita di Kabupaten Jayapura target akan sumbang medali cukup banyak,” katanya.

“Jadi, anggaran kita semuanya diarahkan untuk PON. Saya selaku Wakil Ketua II bersama teman-teman anggota DPRD Kabupaten Jayapura, kami mohon maaf kalau nanti ada infrastruktur di wilayah pembangunan lainnya tidak diperhatikan. Namun seperti penyelenggaraan pendidikan dan juga kesehatan atau pelayanan dasar lainnya untuk wilayah pembangunan tiga dan empat itu tetap berjalan normal. Tapi, khusus infrastruktur itu dikerahkan untuk PON 2020 yang diprioritaskan dari Distrik Sentani Barat, Waibhu, Distrik Sentani dan Sentani Timur,” pungkasnya.

Dibaca 76 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.