Popnas XV dan Peparpenas IX di Papua Resmi Dipindahkan ke Provinsi Lain | Pasific Pos.com

| 19 September, 2019 |

Popnas XV dan Peparpenas IX di Papua Resmi Dipindahkan ke Provinsi Lain

Headline Penulis  Sabtu, 24 Agustus 2019 21:38 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAKARTA,- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) secara resmi menyampaikan bahwa pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV dan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) IX Tahun 2019 yang awalnya akan dilaksanakan di Provinsi Papua akan dipindahkan ke Propinsi lain.

Hal ini di sampaikan oleh Plt. Disorda Papua Alexander, Munggu (24/8/2019).

"Kami baru saja bertemu Sesmenpora, Bapak Gatot Dewabrata, dan diberikan penjelasan mengenai respon terhadap Surat Bapak Gubernur perihal Permohonan Pemindahan Penyelenggaraan Popnas dan Peparpenas. Secara resmi Pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, dapat memahami latar belakang permohonan tersebut dan sudah menyetujui permintaan Bapak Gubernur tersebut. Saya juga sudah menerima Surat pemberitahuan dari Sesmenpora yang ditujukan kepada Kepala Dispora seluruh Indonesia" kata Alexander Kapisa.

Dalam surat yang ditandatangani Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga dan ditujukan kepada Kepala Dispora Seluruh Indonesia No. SS.8. 23.5/SET/VIII/2019 Perihal Pemberitahuan Pembatalan Popnas XV dan Peparpenas IX Papua tersebut disampaikan bahwa pemerintah sangat memahami kondisi di Provinsi Papua saat ini, khususnya berkaitan dengan keamanan yang belum stabil dan alasan teknis berkaitan dengan lelang venue yang sampai saat ini belum tuntas. Perihal lokasi pelaksanaan Popnas dan Peparpenas yang baru pasca mundurnya Provinsi Papua sampai saat ini belum diputuskan.

POPNAS dan PEPARPENAS 2020 rencananya akan diikuti oleh sekitar 5.000 atlet dan official dengan mempertandingkan 20 cabang olahraga. Melalui kedua event tersebut akan juga dijadikan sebagai test event untuk mengetahui kesiapan Panitia Penyelenggara PON dan PEPARNAS dalam perencanaan penyelenggaraan, sehingga sejumlah kekurangan dapat segera diketahui. Maka mengingat tidak ada test event melalui POPNAS dan PEPARPENAS, maka Pemda Papua bersama Kemenpora dan KONI sedang merencanakan cara lain untuk menguji kesiapan PON dan PEPARPENAS.

Dibaca 99 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.