Kontingen Pramuka Kabupaten Jayapura Ikut Kemah Budaya Nasional | Pasific Pos.com

| 19 September, 2019 |

Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos., M.KP., ketika menyerahkan bendera Pramuka kepada salah satu perwakilan kontingen disaksikan Ketua Kwarcab 2603 Jayapura, Alex R. Dusay, SH. Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos., M.KP., ketika menyerahkan bendera Pramuka kepada salah satu perwakilan kontingen disaksikan Ketua Kwarcab 2603 Jayapura, Alex R. Dusay, SH.

Kontingen Pramuka Kabupaten Jayapura Ikut Kemah Budaya Nasional

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Rabu, 21 Agustus 2019 22:19 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Kontingen Kemah Budaya Nasional (KBN) ke-X asal Kabupaten Jayapura dilepas keberangkatannya oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos., M.KP., di Gedung C Lantai III Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (21/8) pagi.

Kontingen perwakilan Kwarcab 2603 Kabupaten Jayapura ini bakal mengikuti KBN ke-X di Kota Padang, Sumatera Barat 26-31 Agustus 2019.

Kepada wartawan, Ketua Kwarcab 2603 Jayapura, Alex R. Dusay, SH., mengatakan, Bupati Jayapura yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura secara resmi melepas 9 orang peserta kontingen Kemah Budaya Nasional ((KBN) asal Kabupaten Jayapura yang akan mengikuti KBN ke-X tahun 2019 di Kota Padang, Sumatera Barat.

“Adik-adik yang berangkat mengikuti KBN di Padang ini berjumlah 9 orang, kemudian ditambah empat orang pendamping. Jadi, semua kontingen kita berjumlah 13 orang,” kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Jayapura teersebut.

Lebih lanjut Alex Dusay menjelaskan, terdapat beberapa kegiatan yang telah siap ditampilkan oleh peserta seperti kuliner khas Papua asal Kabupaten Jayapura, budaya, lagu daerah, tarian dan lainnya.

“Tentunya dari semua daerah atau provinsi akan menampilkan budaya masing-masing untuk ditampilkan pada kegiatan kemah tersebut. Kebetulan kita Kwarcab 2603 Gerakan Prammuka Kabupaten Jayapura dipercayakan oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Papua itu kita ditunjuk untuk putrinya sebagai peserta kontingen KBN X mewakili Kwarda Papua. Pada kemah budaya ini, kontingen kami akan menampilkan kuliner atau makanan khas daerah Jayapura, yang kita sebut Gelisa (Genemo, Sayur Lilin dan Santan),” ujarnya.

“Artinya, campuran dari sayur lilin dan sayur genemo, kemudian ditambah dengan santan. Itu makanan khusus orang asli Tabi yang sudah kita latih kepada adik-adik kita selama satu bulan untuk mereka akan bawa kuliner ini guna tampilkan dalam perkemahan budaya kali ini. Selain itu, mereka akan tampilkan salah satu juga makanan dari ciri khas orang di daerah Nimboran dan Genyem itu ada Swamening, yakni daun Gedi yang dicampur dengan Sagu lalu di masak, kemudian akan tampilkan sate berbahan ulat sagu,” sambung alex.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos., M.KP., mewakili Bupati Jayapura berpesan kepada para peserta kontingen Kemah Budaya Nasional (KBN) ini agar dapat membawa nama baik Kabupaten Jayapura.

“Selain itu, kita minta kepada adik-adik peserta kemah budaya dapat mempromosikan dan juga memperkenalkan budaya, kuliner serta obyek wisata di Papua pada umumnya dan Kabupaten Jayapura khususnya,” tukas Abdul Rahman Basri yang juga Wakil Ketua Bidang Dewasa Kwarcab Gerakan Pramuka 2603 Jayapura.

Dibaca 118 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX