Giliran Empat Daerah di Papua Gelar Protes Rasis Mahasiswa | Pasific Pos.com

| 19 September, 2019 |

aksi demo masa disalah satu kabupaten aksi demo masa disalah satu kabupaten

Giliran Empat Daerah di Papua Gelar Protes Rasis Mahasiswa

Sosial & Politik Penulis  Selasa, 20 Agustus 2019 20:42 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA - Setelah Kota Jayapura menggelar aksi protes diskriminasi dan rasis terhadap mahasiswa asal Papua di Jawa Timur, kali ini empat kabupaten lainnya menggelar hal serupa, Selasa (20/8).

Aksi protes ini digelar di Kabupaten Nabire, Kabupaten Biak, Kabupaten Yapen dan Kabupaten Merauke . Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal saat dikonfirmasi, Selasa membenarkan aksi di empat daerah.

"Aksi hari ini ada di Nabire, Biak, Yapen dan Merauke," terangnya.

Kamal mengklaim seluruh aksi berjalan dengan aman dan para peserta aksi telah ditemui oleh masing-masing kepala daerah. "Situasi Alhamdulillah aman dan lancar karena sejak awal sudah dikomunikasikan," ujarnya.

Mantan Kapolres Halmahera Selatan, Maluku Utara ini menyebut aksi protes damai di empat daerah dikuti peserta dengan jumlah variasi. Dia pun memastikan, aksi di empat kabupaten tersebut berakhir lancar dan damai.

“Jumlah peserta aksi bervariasi, mulai dari puluhan orang hingga yang terbanyak di kabupaten Nabire, yaitu sekitar 250 orang. Aktivitas masyarakat normal,” tegasnya.

Sebelumnya, ribuan masyarakat Papua melakukan aksi turun ke jalan untuk memprotes tindakan intimidasi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Kota Surabaya, Jawa Timur. Aksi ribuan massa sempat membuat masyarakat panik.

Aktivitas perekonomian di Kota Jayapura sempat lumpuh selama beberapa jam. Seraturan warga terlantar di jalan akibat tidak beroperasinya angkutan umum di Ib ukota Papua. Aktivitas warga berangsur normal pada Selasa (20/8) pagi.

Dibaca 81 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX