Palsukan Dokumen Paspor, BL Pentolan KNPB Ditangkap | Pasific Pos.com

| 19 September, 2019 |

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas

Palsukan Dokumen Paspor, BL Pentolan KNPB Ditangkap

Kriminal Penulis  Jumat, 16 Agustus 2019 21:34 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA - Tim Gabungan Polres Jayapura Kota di Backup Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Papua berhasil membekuk satu pentolan KNBP berinisial BL, Kamis (15/8) kemarin.

BL ditangkap berdasarkan hasil pengembangan terkait kasus pemalsuan dokumen saat pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi beberapa bulan lalu.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas mengungkapkan BL ditangkap saat sedang berada di seputaran Kota Jayapura.

"Terduga pelaku saat ini masih menjalani proses pemeriksaan oleh penyidik Sat Reskrim Polres Jayapura Kota terkait pemalsu dokumen dan kami sudah terbitnya surat penahanan," ungkapnya Gustav, Jumat (16/8) sore.

Lanjut Gustav, pelaku ditangkap lantaran telah membuat paspor dengan data orang lain untuk digunakan keluar negeri.

"BL mendatangi kantor imigrasi untuk mengurus paspor republik Indonesia yang rencananya akan digunakan ke luar negeri (PNG) dimana saat mengurusan yang bersangkutan menggunakan KTP, kartu keluarga, Akta Lahir milik AK," terangnya.

Ia pun menambahkan, sejauh ini Polres Jayapura Kota telah memeriksa lima orang saksi baik dari pemilik dokumen yang dipakai BL, serta pihak imigrasi Provinsi Papua.

"Kami masih akan terus kembangkan kasus ini, dan tidak menutup kemungkinan BL akan naik status sebagai tersangka dalam kasus ini," tegasnya.

Kata Gustav, atas perbuatannya BL dijerat pasal 266 KUHPidana tentang menyuruh memasukan keterangan palsu ke dalam suatu akta otentik dengan Ancaman 7 tahun penjara.

Dibaca 93 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX

Berita Terkini