Kota Jayapura Mulai Kembangkan Buah Naga | Pasific Pos.com

| 12 December, 2019 |

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota, Jean Hendrik Rollo Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota, Jean Hendrik Rollo

Kota Jayapura Mulai Kembangkan Buah Naga

Kota Jayapura Penulis  Rabu, 14 Agustus 2019 17:52 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Memikili prospek cerah, pemerintah daerah setempat mulai mengembangkan buah naga seluas empat hektar sebagai penunjang ekonomi.

"Menggunakan dana otonomi otsus (otsus) tapi juga ada masing-masing petani secara swadaya yang mengelola," ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota, Jean Hendrik Rollo di kantor wali kota, Rabu (14/8/19).

Buah naga dengan nama latin hylocereus undatus, merupakan buah komoditas hortikultura yang lagi primadona di wilayah tersebut.

"Buah naga banyak dikonsumsi masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi khususnya para petani buah naga," ujarnya.

Untuk sumber benihnya, Dinas Ketahanan Pangan dan pertanian setempat mendatangkan dari Kabupaten Keerom.

"Buah naga mudah dikelola dan dikembangkan karena agroklimat atau iklimnya sangat cocok dengan Kota Jayapura," jelasnya.

Untuk hasil panen, Jean belum bisa merinci karena baru mulai dikembangkan 2018, namun Jean mengaku optimis pengembangan buah naga sangat menjanjikan.

"Petani buah naga kami bina dalam budidaya dan perawatan karena dengan penanganan yang baik, buah naga bisa terjaga kualitasnya dengan rasa buah lebih manis dan tekstur yang renyah," ungkapnya.

Dibaca 92 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.