Unmus Kembali Laksanakan KKN Tematik Di Asmat | Pasific Pos.com

| 20 August, 2019 |

Ketua LPPM UNMUS, Drs.Jayadi, MT Bersama Para mahasiswa saat menjalani KKN di Asmat (foto:iis) Ketua LPPM UNMUS, Drs.Jayadi, MT Bersama Para mahasiswa saat menjalani KKN di Asmat (foto:iis)

Unmus Kembali Laksanakan KKN Tematik Di Asmat

Papua Selatan Penulis  Selasa, 13 Agustus 2019 17:25 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Ketua LPPM UNMUS, Drs.Jayadi, MT mengemukakan bahwa KKN yang dilaksanakan pada periode kali ini merupakan lanjutan KKN Tematik pengentasan buta aksara di Kabupaten Asmat. Dalam hal ini visi yang diemban masih sama dan pihak kampus memang fokus pada pengentasan buta aksara, begitu pula pada periode yang kedua ini lokasinya masih sama. “Ada lima kampung yang kita bidik di sana dan masih kampung yang sama seperti pada KKN tahun lalu.

Untuk jumlah mahasiswa juga sama, yakni 25 orang dan tersebar di kelima kampung yang ada. Setiap kampung kita tempatkan lima mahasiswa,”jelas Jayadi kepada wartawan di ruang kerjanya belum lama ini. Lebih lanjut ia mengungkapkan, buta aksara meliputi tiga hal, yakni membaca, menulis dan berhitung. Oleh sebab itu selama KKN para mahasiswa berupaya untuk merangkul masyarakat guna diberikan edukasi tentang calistung. Sebenarnya yang menjadi sasaran adalah masyarakat umum tetapi fakta di lapangan, masih ada anak usia sekolah yang belum bisa calistung sehingga ikut dirangkul.

“Pada tahun ini kita berharap lebih banyak masyarakat umum yang terlibat mengingat yang menjadi sasaran adalah masyarakat di luar usia sekolah. Namun karena bulan ini bersamaan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-74 sehingga banyak masyarakat yang aktifitasnya beralih ke kegiatan 17an. Jadi tahun ini lebih didominasi siswa SD dan masyarakat umum tidak begitu banyak,”ujarnya. Meskipun demikian, pihak kampus tetap bersyukur karena masih ada masyarakat yang mau datang untuk ikut belajar bersama mahasiswa.

Diakui bahwa mahasiswa tidak bisa memaksa mereka untuk ikut kegiatan namun mahasiswa tetap berupaya memberikan wadah dan melayani dengan optimal. Lebih lanjut Jayadi menjelaskan, pihaknya belum dapat memastikan apakah KKN Tematik akan berlanjut di tahun 2020 mendatang dan fokus di lokasi yang sama atau tidak mengingat program ini berasal dari Inpres dan hanya sampai pada tahun 2019. Namun pihak UNMUS tetap berupaya berkoordinasi dengan Pemda setempat agar program serupa bisa berlanjut. Tentunya tidak sebatas pada pengentasan buta aksara namun kampus bisa melaksanakan kegiatan KKN dengan program kerja yang lain.

Dibaca 13 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.