Dandim Mimika: Ada Indikasi Pergerakan KKSB ke Wilayah Tembagapura | Pasific Pos.com

| 12 December, 2019 |

Dandim 1710/Mimika Letkol. Inf Pio L. Nainggolan Dandim 1710/Mimika Letkol. Inf Pio L. Nainggolan

Dandim Mimika: Ada Indikasi Pergerakan KKSB ke Wilayah Tembagapura

Kriminal Penulis  Senin, 12 Agustus 2019 20:25 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika Letkol. Inf Pio L. Nainggolan mengatakan jajaran TNI dan Polri di Timika, Papua mengantisipasi pergerakan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) yang akan meneror di wilayah PT. Freeport Indonesia jelang HUT ke-74 RI.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan bahwa pihaknya baru saja melakukan rapat rutin untuk menganalisa dan mengevaluasi perkembangan situasi khususnya di wilayah obyek vital nasional Freeport.

"Ada beberapa hal menonjol khususnya terkait pergerakan kelompok separatis bersenjata. Kami membaca ada indikator gerakan kelompok separatis bersenjata khususnya yang akan menuju ke wilayah Tembagapura," ujarnya

Dandim mengatakan, antisipasi penting dilakukan menjelang 17 Agustus, jangan sampai kelompok bersenjata tersebut melakukan aksi-akdi yang dapat mencederai HUT RI.

"Namun, pada prinsipnya kami siap dengan mengoptimalkan pos-pos yang sudah tergelar. Kemudian kita akan upaya ke depan untuk menyempitkan lagi prediksi-prediksi ke mana mereka akan melakukan pergerakan," tegas Dandim.

Antisipasi keamanan tidak hanya terbatas di area PT. Freeport Indonesia di Distrik Tembagapura, tetapi juga Mimika secara keseluruhan.

Dandim menyebut jalur klasik pergerakan KKSB ke wilayah Tembagapura selama ini melalui dua rute yaitu Ilaga-Aroanop hingga Banti dan rute Ilaga-Jila-Tsinga hingga pegunungan Grasberg. "Tapi kita perlu antisipasi, ada rute-rute baru yang dibangun oleh mereka. Kemudian sumber logistik mereka salah satunya dari Timika," ujarnya.

Meski begitu, Dandim meyakini KNPB yang dinyatakan sebagai organisasi terlarang di Indonesia tidak akan membuat aksi di wilayah Mimika pasca markas mereka dikuasai aparat TNI/Polri.

Keberadaan KNPB sendiri di Timika, seperti diketahui mereka sudah tidak aktif. Tetapi, masih ada upaya-upaya untuk mengaktifkan kembali, sehingga perlu kita antisipasi.

Dibaca 113 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.