Pemkot Jayapura Berdayakan Kelompok Wanita Tani | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota, Jean Hendrik Rollo Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota, Jean Hendrik Rollo

Pemkot Jayapura Berdayakan Kelompok Wanita Tani

Kota Jayapura Penulis  Sabtu, 10 Agustus 2019 00:12 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Kondisi bidang pangan di Indonesia khususnya di Kota Jayapura tidak lepas dari peranan wanita yang turut berkontribusi dalam pengusahaan pangan.

Oleh karena itu, pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian terus memberdayakan masyarakat diantaranya melalui wanita tani.

"Kelompok wanita tani ini seperti pascapanen beras analog sagu, tanaman pekarangan. Usahanya bermacam-macam," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota, Jean Hendrik Rollo di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (9/8/19).

Jumlah kelompok wanita tani Kota Jayapura, jelas Jean, berjumlah 50 kelompok namun sebagian ada beberapa kelompok yang tidak terlaksana dengan baik.

"Yang sudah paten kami kokohkan jumlahnya ada 14 kelompok. Satu kelompok berjumlah 20 orang. kelompok ini tersebar di wilayah Kota Jayapura," ungkap Jean.

Dikatakan Jean, tujuan kelompok wanita tani diadakan anggar program ketahanan mandiri dan peningkatan ekonomi, yang dimulai dari lingkungan keluarga bisa tercapai.

"Misalnya, kelompok wanita tani seperti pascapanen beras analog sagu, kami berikan bantuan mesin untuk bisa mengembangkan usahanya," tuturnya.

Untuk menunjang keberhasilan usaha, kata Jean, kelompok wanita terunik di Kota Jayapura dibimbing hingga pemasaran dalam memanfaatkan potensi pangan.

"Penggunaan berbagai media online pun dikenalkan agar usaha kelompok wanita tani dapat menyentuh lebih banyak kalangan dalam hal pemasaran," ungkapnya.

Dibaca 40 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.