Dosen Unmus Laksanakan Pengabdian Di Kampung Baidub | Pasific Pos.com

| 6 December, 2019 |

Tim berfoto bersama warga (foto:ist) Tim berfoto bersama warga (foto:ist)

Dosen Unmus Laksanakan Pengabdian Di Kampung Baidub

Papua Selatan Penulis  Jumat, 09 Agustus 2019 17:40 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Tim Pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Universitas Musamus telah menyelesaikan rangkaian kegiatan pembuatan media pembelajaran baca, tulis, hitung (Calistung) di Distrik Ulilin Kampung Baidub. Kegiatan yang mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juni tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan program kemitraan masyarakat yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) melalui Simlibtamas 2018 pendanaan 2019.

Tim yang terdiri dari ketua: Andi Saparuddin Nur, S.Pd., M.Pd (Jurusan Pendidikan Matematika), Anggota 1: Tobias Nggaruaka, S.Pd., M.Pd (Jurusan Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia), dan Anggota 2: Agus Kichi Hermansyah, M.Pd (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar) melaksanakan pengabdian berupa pelatihan pembuatan media pembelajaran calistung untuk guru dan masyarakat di Kampung Baidub.

Pelatihan pembuatan media pembelajaran calistung untuk guru dan masyarakat tersebut sangat dibutuhkan. Hal tersebut disampaikan oleh plt. Kepala SD Inpres Bupul XII, Djuhriah, S.Pd yang menyampaikan bahwa kegiatan berupa pelatihan pembuatan media pembelajaran sangat dibutuhkan, terutama bagi sekolah yang berada di daerah perbatasan seperti di Kampung Baidub.

Pelatihan juga menambah referensi dan keterampilan guru dalam menyiapkan media pembelajaran yang tepat bagi siswa, terkhusus media pembelajaran calistung. Pelatihan diberikan kepada guru-guru dan juga diimplementasikan pada siswa. Implementasi penerapan media pembelajaran diikuti oleh siswa dengan antusias. Antusiasme yang ditunjukkan oleh siswa dalam mengikuti kegiatan sangat tinggi. Hal tersebut disebabkan karena kegiatan serupa belum pernah dilaksanakan di sekolah tersebut.

Sambutan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Kampung Baidub, Abdul Raaf Harahap. Dalam wawancara disampaikan bahwa kegiatan dari kampus Unmus kedepannya sangat ditunggu dan diharapkan dapat berlanjut mengingat pembuatan media calistung merupakan hal yang penting agar anak-anak dan masyarakat dapat terbebas dari buta aksara. Oleh sebab itu kegiatan kali ini merupakan awal dari kegiatan-kegiatan serupa selanjutnya.

Kegiatan selanjutnya yang dilakukan oleh tim ialah sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2019 di Balai Kampung Baidub. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan tersebut sangat ramai didatangi oleh masyarakat. Kehadiran masyarakat tersebut mengindikasikan bahwa masyarakat telah sadar akan pentingnya pendidikan bagi generasi penerus.

Tak hanya itu, sasaran kegiatan pengabdian ini juga ditujukan bagi orang tua yang masih mengalami buta aksara sehingga dapat belajar bersama demi penuntasan buta aksara di Kabupaten Merauke. Tindak lanjut kegiatan dari tim pengabdian Unmus berupa monitoring dan evaluasi dengan melibatkan bamuskam terbukti efektif dalam meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat sehingga kegiatan dapat berjalan lancar dan memperoleh apresiasi yang tinggi. Sekalipun jarak antara Unmus dan tempat pengabdian di distrik Ulilin Kampung Baidub cukup jauh yang berjarak kurang lebih 190 KM, tidak menyurutkan semangat Tim untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dibaca 122 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX

Trending Topik