Petani Sayur di Kota Jayapura Siap Diberikan Pendampingan | Pasific Pos.com

| 7 December, 2019 |

Lokasi pertanian sayur di jalan baru Pasar Youtefa Lokasi pertanian sayur di jalan baru Pasar Youtefa

Petani Sayur di Kota Jayapura Siap Diberikan Pendampingan

Ekonomi & Bisnis Penulis  Rabu, 07 Agustus 2019 21:48 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Petani sayur yang sehari-harinya bercocok tanam di Jalan Baru Pasar Youtefa, Kota Jayapura, Papua, memanfaatkan lahan milik orang lain.

Bila sewaktu-waktu pemilik lahan mengambil kembali lahan yang disewa Rp50 ribu satu bulan, maka putus sudah mata pencaharian petani sayur di lokasi tersebut.

Agar tetap melanjutkan profesi sebagai seorang petani sayur, pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian siap mendampingi dengan menyediakan lahan di kawasan Distrik Muara Tami.

"Kalau memang kawasan itu tidak bisa dipertahankan, maka bisa mengambil bagian untuk mengolah kawasan pertanian di Distrik Muara Tami karena masih banyak lahan yang belum digarap," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Jayapura, Jean Hendrik Rollo, Rabu (7/8/19).

Jean menjelaskan, para petani tersebut menggunakan pola agrobisnis, yang lahannya disewa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Karena lokasinya berada dalam kota, tentunya sangat membantu petani untuk mendistribusikan sayur ke pasar karena dekat sehingga sangat menopang kebutuhan sayur-sayuran segar.

"Kami siap membina agar terus berproduktivitas. Sudah menjadi tanggung jawab pemerintah ketika sarana tidak bisa dipenuhi oleh petani dari tahun ke tahun, kami coba untuk mencukupi," ungkapnya.

Salah satu petani sayur di Jalan Baru Pasar Youtefa, Angelina, menyambut baik niat pemerintah yang bersedia membantu para petani sayut agar tetap berkontribusi melalui sayuran.

"Sangat senang karena itu yang kami harapkan sebab tanah yang kami garap ini adalah lahan yang kami sewa. Kalau diambil kembali, kami sudah tidak bisa bercocok tanam," ujar Angelina yang sudah 15 tahun menjadi petani sayut di Jalan Baru Pasar Youtefa.

Dibaca 115 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.