Pasar Hamadi Jadi Percontohan Pengolahan Sampah Organik | Pasific Pos.com

| 6 December, 2019 |

Kepala Seksi Penanganan Pengurangan Sampah dan Limbah P3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, Frengky Nelson Numbery Kepala Seksi Penanganan Pengurangan Sampah dan Limbah P3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, Frengky Nelson Numbery

Pasar Hamadi Jadi Percontohan Pengolahan Sampah Organik

Kota Jayapura Penulis  Selasa, 06 Agustus 2019 19:23 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Pasar Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, menjadi pasar percontohan pengolahan sampah organik di wilayah Kota Jayapura.

"Kami mulai coba tahun ini dengan menyediakan bak sampah khusus yaitu sampah organik atau yang mudah busuk seperti sayur-sayuran dan buah-buahan," kata Kepala Seksi Penanganan Pengurangan Sampah dan Limbah P3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, Frengky Nelson Numbery di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (6/8/19).

Dikatakan Numbery, maksud dari penyediaan bak khusus sampah organik agar saat diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tidak lagi masuk ke sel sampah untuk ditimbun tapi masuk ke rumah kompos untuk diolah menjadi pupuk.

"Idelnya bak sampah organik ini disesuaikan demgan jemis sampah yang akan dikelola sehingga agar memudahkan dalam penanganganan berikutnya khususnya dalam upaya daur ulang," jelasnya.

Selain itu, lanjut Numbery, dengan adanya bak sampah organik bau akibat pembusukan sampah, yang juga menarik datangnya lalat dapat diatasi dan pencampuran sampah yang tidak sejenis dapat dihindari.

"Kami harapkan peran serta masyarakat di Pasar Hamadi untuk membuang pada bak sampah yang sudah disediakan sesuai dengan jenisnya. Ke depan kami terapkan pada semua pasar di Kota Jayapura," ungkapnya.

Dibaca 84 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.