Pemkab Teluk Bintuni Prioritaskan Proyek Dana Otsus untuk Pengusaha OAP | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Pemkab Teluk Bintuni Prioritaskan Proyek Dana Otsus untuk Pengusaha OAP

Papua Barat Penulis  Sabtu, 03 Agustus 2019 03:50 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Bintuni, TP - Ditetapkannya Perpres No 17 Tahun 2019 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Untuk Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat, menjadi jawaban bagi para pengusaha Orang Asli Papua (OAP) untuk bisa bersaing seimbang. 

Pasalnya, besaran proyek pengadaan barang dan jasa di pemerintahan telah ditentukan Pemerintah Pusat menjadi minimal Rp 1 miliar. Selain itu, yang lebih luar biasa lagi, nilai sebesar ini tidak perlu melalui mekanisme lelang, melainkan cukup ditunjuk langsung kepala daerah.

“Sesuai aturan, batas minimal penunjukkan langsung yaitu 1 miliar rupiah. Sedangkan, nilai 2,5 miliar rupiah lebih itu dilelang tapi sifatnya terbatas. Dan perlu diketahui, tujuan dari Perpres ini untuk mengamankan pengusaha-pengusaha OAP,” jelas Bupati Teluk Bintuni, Ir. Petrus Kasihiw, MT dalam suatu kegiatan bersama perangkat OPD, Rabu (31/7).

Bupati mengatakan, dengan berlakunya Perpres 17/2019, maka harapan pemerintah terkait masalah kemiskinan maupun pengangguran di Papua dan Papua Barat bisa teratasi.

Kaitan dengan itu, Bupati menegaskan dirinya akan mengecek langsung penyerapan APBD dari kuota dana Otsus yang akan menjadi sasaran kebijakan penunjukkan langsung. Dimana setiap pekerjaan yang menggunakan dana Otsus, dikatakan Bupati, wajib untuk diberikan kepada pengusaha OAP.

“Jadi saya tegaskan, selain dana Otsus silahkan dilelang ke semua kalangan. Tapi, kalau proyek itu bersumber dari dana Otsus maka wajib diberikan kepada pengusaha OAP. Karena itu, amanat undang-undang. Sebab, kalau terjadi kesalahan maka saya sebagai kepala daerah yang akan mendapat kritikan dari publik khususnya OAP,” pungkas Bupati. [VLI-R4] 

Dibaca 71 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX