Serahkan Dana Rp. 34 Miliar Lebih, Lahan PT. SDIC Lunas | Pasific Pos.com

| 17 November, 2019 |

Serahkan Dana Rp. 34 Miliar Lebih, Lahan PT. SDIC Lunas

Papua Barat Penulis  Rabu, 31 Juli 2019 14:13 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – PT. SDIC melunasi pembayaran ganti rugi lahan pabrik semen dan lahan penambangan batu kapur kepada keluarga besar Mansim di ruang Sasana Karya Kantor Bupati Manokwari, Selasa (30/7).

Pelunasan dilakukan PT. SDIC dengan pembayaran tahap kedua sebesar 80 persen dan disaksikan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dan Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan. Pembayaran tahap pertama sudah dilakukan perusahaan semen itu kepada keluarga Mansim pada bulan Mei 2019 lalu.

Sebelum menerima uang pelunasan dari PT. SDIC, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, mengingatkan keluarga Mansim agar menggunakan uang tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan harus dimanfaatkan untuk membiayai pendidikan anak serta membuka usaha.

Gubernur juga mengingatkan agar uang itu dibagi secara baik di antara keluarga-keluarga yang berhak menerimanya. Dengan demikian, tidak terjadi permasalahan di antara keluarga di kemudian hari. “Bagi dan gunakan uang ini dengan baik karena uang ini akan habis, tapi keluarga selamanya,” ujar Gubernur.

Senada dengan Gubernur, Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, meminta keluarga Mansim menerima dan menggunakan uang itu dengan sebaik-baiknya. Saat ini, kata dia, pembangunan berkembang pesat ke arah Distrik Manokwari Selatan.

Oleh karena itu, uang yang diterima dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha agar dapat meningkatkan kesejahteraan. “Jadi uang ini bisa digunakan untuk membangun rumah kos kah, bangun rumah kontrak kah karena besok pembangunan mengarah ke Manokwari Selatan. Jangan sampai dikemudian hari kalian tersingkir ke belakang gunung. Ini harus diingat baik-baik,” sebutnya.

Untuk diketahui, total uang dibayarkan PT. SDIC kepada keluarga Mansim sebesar Rp 34 miliar lebih. Rinciannya pembayaran untuk lokasi pabrik, hunian karyawan dan pelabuhan yang disebut tanah datar Rp 14.289.861.014 serta tambang batu kapur sebesar Rp 20.290.630.472. jumlah yang dibayarkan itu sudah termasuk bunga bank yang dihitung sejak tahun 2012.

Uang itu diberikan kepada 10 kelompok keluarga Mansim. Namun, untuk penandatanganan berita acara dan dokumen lainnya, hanya dilakukan oleh delapan kelompok. Hal itu karena dua kelompok itu baru diusulkan untuk ditambahkan dalam pertemuan sebelum pembayaran dilaksanakan.

Pada kesempatan itu, keluarga Mansim yang diwakili oleh Naftali Mansim, menyampaikan pernyataan sikap keluarga Mansim, bahwa keluarga Mansim menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Manokwari sehingga ada legalitas hukum bagi keluarga untuk mendapatkan hak-haknya. (BNB-R3) 

Dibaca 121 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.