Dua Koordinator Penambangan Emas Ilegal di Waserawi Tahap 1 | Pasific Pos.com

| 23 October, 2019 |

Dua Koordinator Penambangan Emas Ilegal di Waserawi Tahap 1

Papua Barat Penulis  Selasa, 30 Juli 2019 14:25 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Dalam kasus dugaan illegal mining, penyidik Polres Manokwari menetapkan 1 tersangka lagi berinisial RS. RS berperan sebagai penampung atau penerima barang dalam kasus dugaan illegal mining di Kali Waserawi, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari.

Kasat Reskrim Polres Manokwari, AKP Musa J. Permana mengatakan, dalam kasus ini, ada 2 berkas yang diproses di lokasi penambangan Kali Waserawi atas tersangka, MG dan RS.

Ia menjelaskan, MG berperan sebagai koordinator yang membawahi 10 orang, ditetapkan sebagai tersangka setelah diamankan dari atas KM Labobar saat hendak bertolak ke Nabire, Papua beserta barang bukti Emas seberat 39 gram, Rabu (10/7) sekitar pukul 14.30 WIT.

Kala itu, selain tersangka, MG, pihak kepolisian juga menahan 1 orang berinisial LK yang diduga sebagai penadah, tetapi dari LK ini, pihak kepolisian tidak menemukan barang bukti, sehingga dijadikan saksi.

Lanjut dia, untuk tersangka, RS, ditetapkan menjadi tersangka setelah ditangkap di Prafi, Mnaokwari dengan barang bukti 7,9 gram Emas. Namun, ungkap Permana, pihaknya tidak menahan RS dengan alasan kooperatif saat pemanggilan dan pemeriksaan.

Di samping itu, Kasat Reskrim mengaku, pihaknya telah mengidentifikasi beberapa terduga pelaku lain dan akan melakukan penangkapan. “Untuk kedua tersangka, MG dan RS, berkasnya sudah dilimpahkan ke kejaksaan untuk tahap 1, Kamis, 25 Juli 2019,” kata Permana kepada Tabura Pos dan Papua Barat News di Polres Manokwari, kemarin.

Dia membeberkan, untuk 9 koordinator sudah teridentifikasi, dimana dari 9 orang, sudah 2 orang yang ditangkap. “Kalau untuk pemanggilan terhadap pemilik hak ulayat hanya menunggu petunjuk dari kejaksaan. Tersangka MG kita tahan, kalau tersangka RS tidak, karena dia kooperatif,” pungkas Kasat Reskrim. [CR45-R1] 

Dibaca 75 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.