BI Memperkirakan Perekonomian Papua Triwulan III Mengalami Kontraksi Pertumbuhan | Pasific Pos.com

| 24 August, 2019 |

Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan BI Papua, Fauzan (kanan) Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan BI Papua, Fauzan (kanan)

BI Memperkirakan Perekonomian Papua Triwulan III Mengalami Kontraksi Pertumbuhan

Ekonomi & Bisnis Penulis  Jumat, 26 Juli 2019 22:19 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua memperkirakan perekonomian Papua triwulan III tahun 2019 mengalami kontraksi pertumbuhan namun tidak sedalam triwulan sebelumnya.

Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan BI Papua, Fauzan mengatakan, pertumbuhan ekonomi Papua pada periode tersebut diproyeksikan berada dikisaran -18,8 persen sampai -18,4 persen secara year on year (yoy) lebih baik dibanding perkiraan pertumbuhan triwulan II tahun 2019 yang berkisar -20,1 persen sampai dengan -19,7 persen (yoy).

“Dari sisi pengeluaran, terbatasnya produksi konsentrat tembaga dan emas diperkirakan memberikan pengaruh signifikan terhadap penurunan kinerja komponen ekspor luar negeri pada triwulan III tahun 2019,” ujar Fauzan, di Kota Jayapura, Jumat (26/7/2019).

Disisi lain, kata Fauzan, konsumsi pemerintah berpotensi untuk meningkat seiring telah selesainya pelaksanaan pemilihan presiden pada triwulan II tahun 2019 dan terselenggara dengan baik dan kondusif di Papua.

“Investasi berpotensi meningkat seiring dengan pengembangan dan optimalisasi tambang bawah tanah perusahaan tambang terbesar di Papua serta persiapan infrastruktur untuk menunjang pelaksanaan PON XX pada tahun 2020 di Papua,” kata Fauzan.

“Investasi diperkirakan akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Provinsi Papua sehingga tidak terkontraksi lebih dalam pada triwulan III tahun 2019,” sambungnya. (Zulkifli)

Dibaca 63 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.