Pendampingan UMKM untuk tingkatkan perekonomian warga | Pasific Pos.com

| 9 December, 2019 |

Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L. N. Awi Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L. N. Awi

Pendampingan UMKM untuk tingkatkan perekonomian warga

Kota Jayapura Penulis  Kamis, 25 Juli 2019 18:45 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Berbagai upaya terus dilakukan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura untuk meningkatkan kualitas pelaku usaha di wilayah setempat.

Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L. N. Awi mengatakan, selain memberikan bantuan modal usaha juga diberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku usaha.

"Pendampingan ini dilakukan supaya kami bisa mengenal para pelaku usaha, lebih memahami tentang tren dari usahanya apakah mengalami kenaikan atau menurun, berhubungan dengan kebijakan kami dalam membuat program kegiatan bagi pelaku usaha dan berpengaruh terhadap jenis bantuan yang akan kami berikan," kata Awi di Pasar Hamadi, Kamis (25/7/19).

Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura memiliki 21 fasilitator di lima distrik untuk melakukan pendampingan, mengawasi pencatatan buku dan memberikan motifasi.

Setiap minggu, fasilitator ini wajib membuat laporan tentang pelaku usaha yang didampingi dan setiap awal bulan wajib mempersentasekan hasil pendampingannya.

"Sehingga kami bisa mengetahui tren perkembangan usaha, kendala dari tiap pelaku usaha sehingga memudahkan kami dalam mengambil kebijakan apakah layak untuk didampingi terus atau dihentikan dan diganti dengan pelaku usaha yang lebih produktif. Untuk layak mendapatkan bantuan, pencatatan buku harus bagus dan distribusi barang harus lancar," jelasnya.

Diungkapkan Awi, 21 fasilitator tersebut dibagi menjadi empat bidang, yaitu bidang industri, bidang koperasi, bidang usaha kecil menengah, dan bidang perdagangan.

Dibaca 97 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.