Tim PKBM Diminta Optimalkan Pelayanan di Pedalaman | Pasific Pos.com

| 25 August, 2019 |

Tim PKBM Diminta Optimalkan Pelayanan di Pedalaman

Papua Barat Penulis  Selasa, 23 Juli 2019 13:28 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Program Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat melalui Pelayanan Kesehatan Berbasis Masyarakat (PKBM) terus berupaya agar masyarakat di pedalaman mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal.

Untuk mendukung program tersebut, Kepala Dinas Kesehatan provinsi Papua Barat, Otto Parorrongan meminta agar Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota turut mendukungnya dengan mengalokasikan anggaran yang cukup.

Parorrongan mengatakan, program PKBM dilakukan hanya sekali dalam setahun. Untuk itu, harus optimal. Namun demikian, butuh dukungan dinas kesehatan kabupaten/kota agar masyarakat yang selama ini sulit mendapatkan akses pelayanan kesehatan dapat tersentuh secara baik.

Ia mengklaim, program PKBM sangatlah baik dan maksimal. Apalagi, bagi masyarakat yang sulit dijangkau pelayanan kesehatannya. “Untuk itu, melalui program PKBM ini diharapkan setiap tahun daerah mengalokasikan anggaran untuk mendukung jalannya program PKBM, khususnya pelayanan kesehatan di daerah-daerah. Kita sudah sampaikan kepada dinkes kabupaten kota, agar program kegiatan seperti ini dilakukan, bukan saja dari tingkat provinsi. Tetapi, dari kabupaten kota juga harus mengalokasikan anggarannya,” kata Parorrongan usai menghadiri apel pagi di halaman kantor Gubernur Papua Barat, Senin (22/7).

Menurutnya, apabila program PKBM hanya mendapatkan dukungan anggaran dari pemprov Papua Barat, tidaklah mampu. Dengan demikian, sambung dia, dinkes kabupaten/kota juga harus mendukung anggarannya agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berada di pedalaman mendapatkan pelayanan yang optimal.

“Artinya, daerah-daerah yang selama ini tidak bisa dijangkau oleh pelayanan statis yang ada di tempat, maka mestinya bergerak. Kalau dinkes provinsi dan kabupaten kota bergerak, maka anggaranya akan jauh lebih rendah dan masyarakat di daerah pedalaman bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal,” pungkas dia. [FSM-R3] 

Dibaca 50 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.