Dishub Pabar Studi Banding ke Korsel Belajar Tata Kelola Model Transportasi | Pasific Pos.com

| 9 December, 2019 |

Dishub Pabar Studi Banding ke Korsel Belajar Tata Kelola Model Transportasi

Papua Barat Penulis  Selasa, 23 Juli 2019 13:27 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Bidang Darat, Dinas Perhubungan (Dishub), Provinsi Papua Barat melakukan studi banding di Korea Selatan (Korsel). Studi banding dilakukan untuk melihat tata kelola model transportasi darat, fasilitas keselamatan jalan, marka jalan, traffic light, dan sebrang crocs, Selasa (9-12/7).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat, Agustinus Kadakolo mengatakan, saat studi banding pihaknya hanya fokus pada rambu-rambu jalan. Sebab, untuk jalan merupakan urusan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

“Hasil Studi banding ini akan kita lihat yang baik dapat diterapkan di provinsi Papua Barat. Kita baru balik dari Korea Selatan dua minggu,” kata Kadakolo kepada Tabura Pos di halaman kantor Gubernur Papua Barat, kemarin.

Disinggung apakah tidak mengalimi kesulitan dalam perbedaan rambu-rambu jalan, sebab ada perbedaan masyarakat antar Papua Barat dan Korea Selatan, terang Kadakolo, penerapan hasil studi banding dari korea selatan tidak akan sulit dilakukan di Papua Barat.

“Kita punya wilayah yang luas, kalau di Korea Selatan wilayahnya masih kecil, justru dengan luas wilayah yang amsih kosong ini, maka perlu dilaksanakan pembangunan.Baik, infrastruktur jalan, jembatan untuk mengakses satu wilayah dengan wilayah lainnya di Papua Barat,” jelas Kadakolo.

Menurutnya, yang perlu dilakukan terutama adalah membangun transportasi darat ke semua wilayah yang ada di Papua Barat. Nanti, sambung dia, setelah itu baru penduduk Papua Barat menyebar dan merata ke semua wilayah. “Orang mau kembali ke kampung itu, kalau ada jalan yang baik,” tandas Kadakolo. [FSM-R3] 

Dibaca 120 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.