Sejumlah Dugaan Tipikor akan Dilimpahkan ke Kejati Papua | Pasific Pos.com

| 14 October, 2019 |

Sejumlah Dugaan Tipikor akan Dilimpahkan ke Kejati Papua

Papua Barat Penulis  Selasa, 23 Juli 2019 13:21 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Sejumlah dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) yang bersumber dari APBD Provinsi Papua Barat, akan dilimpahkan Kejari Manokwari ke Kejati Papua di Jayapura.

Kajari Manokwari, Togging Banjar Nahor, SH, MAP mengungkapkan, dugaan tipikor yang ditangani Kejari Manokwari, baik dalam bentuk laporan dan yang masuk tahap penyelidikan, akan dilimpahkan ke Kejati Papua.

Menurutnya, hal itu sesuai prosedur dalam peraturan undang-undang tentang azas kesetaraan dalam penanganan tipikor di lingkungan kejaksaan.

“Kasus yang bersumber dari APBD provinsi, tentu menjadi kewenangan Kejari. Untuk itu, kasus yang sebelumnya sudah kita tangani, kita akan serahkan laporannya ke Kejati Papua untuk ditangani,” ungkap Banjar Nahor kepada para wartawan di Kejari Manokwari, Senin (22/7).

Lanjut dia, sejumlah dugaan tipikor, seperti pembangunan asrama tunanetra di Dinas Sosial Provinsi Papua Barat senilai Rp. 2,5 miliar yang bersumber APBD Provinsi Papua Barat Tahun Anggaran 2018 dan dugaan penyimpangan keuangan negara di Satpol PP Provinsi Papua Barat, segera dilimpahkan ke Kejati Papua.

Setelah momentum peringatan Hari Bhakti Adyaksa ke-59, dirinya akan mengevaluasi laporan yang sudah ditangani jaksa peneliti dan penyidik Kejari Manokwari, sehingga lebih cepat dilimpahkan untuk ditindaklanjuti.

Dicecar apakah sudah ada yang masuk dalam tahap penyidikan, Kajari mengaku, rata-rata masih dalam tahap penyelidikan. “Nanti Kejati Papua yang memiliki kewenangan melanjutkan ke tahap penyidikan,” tandas Banjar Nahor. [BOM-R1] 

Dibaca 117 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX