Faktor Kesiapan Dan Profesionalitas, Theresia:”Hal Fundamental Mengawal Integritas Pemilu” | Pasific Pos.com

| 24 August, 2019 |

Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, SH Berfoto Bersama Tamu Undangan (foto:ist) Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, SH Berfoto Bersama Tamu Undangan (foto:ist)

Faktor Kesiapan Dan Profesionalitas, Theresia:”Hal Fundamental Mengawal Integritas Pemilu”

Papua Selatan Penulis  Senin, 22 Juli 2019 21:13 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, SH mengemukakan bahwa Pemilu yang rumit ini menyimpan kompleksitas dan membutuhkan tenaga ekstra dalam menjalankannya. Faktor kesiapan dan profesionalitas penyelenggara Pemilu menjadi hal fundamental dalam mengawal integritas Pemilu. Beberapa waktu lalu seluruh warga negara Indonesia telah melaksanakan Pemilu serentak, baik pemilihan presiden dan wapres serta pemilihan legislatif. Pemilu 2019 ini merupakan pesta demokrasi terbesar sepanjang sejarah di Negara Indonesia dan untuk pertama kalinya, pemilihan presiden, wapres dan legislatif digelar serentak dengan 5 jenis surat suara dan warna yang berbeda.

“Untuk Kabupaten Merauke sendiri, Pemilu 2019 dilaksanakan tepat waktu yakni 17 April 2019 dan tidak terjadi PSU maupun penghitungan suara ulang. Merauke termasuk daerah dengan penyelenggaraan Pemilu yang paling kondusif,”ujarnya pada pembukaan rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Merauke Pemilu 2019 di Gedung Bella Fiesta kemarin. Theresia menambahkan, partisipasi pemilih juga mengalami peningkatan yang sebelumnya hanya 69,65% menjadi 76,45%.

Seluruh tahapan Pemilu 2019 telah dilaksanakan sejak tahapan awal hingga waktu penetapan kursi dan calon terpilih. Menurutnya hal ini merupakan proses yang panjang dimana sebelumnya telah lebih dahulu digelar pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan penetapan perolehan suara yang dilakukan secara berjenjang, mulai dari TPS di tingkat distrik, kabupaten, provinsi dan tingkat pusat. KPU juga telah merekrut relawan demokrasi guna membantu mensosialisasikan dan pendidikan politik kepada seluruh lapisan masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2019.

Dibaca 100 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX