Pelaku Usaha Bidang Perikanan Perlu Didorong | Pasific Pos.com

| 19 August, 2019 |

Direktorat Registrasi Pangan Olahan Balai POM Pusat, Jesa Nugroho (foto:iis) Direktorat Registrasi Pangan Olahan Balai POM Pusat, Jesa Nugroho (foto:iis)

Pelaku Usaha Bidang Perikanan Perlu Didorong

Papua Selatan Penulis  Minggu, 21 Juli 2019 21:06 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Direktorat Registrasi Pangan Olahan Balai POM Pusat, Jesa Nugroho mengemukakan bahwa para pelaku usaha di bidang perikanan perlu didorong agar tumbuh dan berkembang. Termasuk pelaku usaha perikanan yang ada di wilayah timur terlebih khusus di Papua. Sebab Indonesia Timur kaya akan hasil ikan dan masing-masing daerah sudah mempunyai hasil ikan unggulan. Namun produsen olahan ikan yang terbesar di Papua yang pernah pihaknya temui baru ada di Sorong sedangkan di luar wilayah timur ada di Banyuwangi.

Padahal bahan baku yang digunakan justru dari wilayah timur. Oleh sebab itu pihak dinas terkait yakni Dinas Perikanan diharapkan dapat besinergi untuk mendorong para pelaku usaha di bidang perikanan agar semakin tumbuh dan berkembang. “Kami dari Badan POM mencoba untuk mempermudah dalam proses pendaftarannya dimana untuk produsen olahan ikan khususnya kemasan kaleng, akan kita lakukan audit program manajemen. Ketika para pelaku usaha sudah memiliki sertifikat yang dimaksud maka pada saat pendaftaran produknya akan diberi jalur khusus, hanya dalam waktu 5 hari kerja sudah selesai,”jelasnya di hadapan pelaku usaha pada kegiatan Bimtek dan pelayanan e-registrasi pangan olahan di Hotel Ermasu belum lama ini.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, untuk produsen yang masih dalam skala UMKM maka untuk ijin administrasi pihaknya hanya meminta SKDU dari kelurahan. Terkait dengan biaya pendaftaran maka sesuai dengan peraturan yang ada, memang hanya mengakomodir 50% pemotongan. Jadi pihaknya tidak dapat memberikan pemotongan lebih besar dari 50%. Selain itu jika pelaku usaha mengalami kendala dalam hal aplikasi maka sudah ada layanan beberapa line telepon yang dapat dihubungi oleh pelaku usaha yang bersangkutan.

Dibaca 38 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX